Mohon tunggu...
Muhammad reva zaelani
Muhammad reva zaelani Mohon Tunggu... Tugas

Tugas reva

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Penebangan Hutan Secara Liar

20 April 2021   01:08 Diperbarui: 20 April 2021   01:19 87 1 0 Mohon Tunggu...

Penebangan liar merupakan kegiatan penebangan, pengangkutan dan penjualan kayu yang merupakan suatu ancaman faktual yang tidak memiliki izin otoritas tempat.

Penebangan hutan secara liar saat ini sedang terjadi dimana-mana,salah satunya di Kalimantan. Karena di Kalimantan banyak hutan-hutan.
Penebangan hutan ini sangat tidak baik, karena bisa membuat pohon pohon di hutan menjadi gundul. Tetapi masih ada yang tidak peduli dengan itu. Mereka hanya memikirkan dirinya sendiri,untuk memuaskan dirinya,adanya keserakahan manusia dan keegosiannya.

Manusia yang menebang hutan secara liar pun mempunyai sebab atau alasan tertentu salah satunya karena faktor ekonomi,mereka menjual kayu itu untuk memenuhi ekonomi dan kebutuhannya.

Kita tidak boleh mencari keuntungan dengan merugikan yang lainnya atau merugikan negara sendiri.

Mereka selalu menebang pohon dengan jumlah yang tidak sedikit. Bukan berarti di negara kita tidak boleh menebang pohon,tapi jangan menebang pohon dengan jumlah yang banyak karena itu bisa merugikan diri sendiri dan diri orang lain.

Dampak penebangan hutan secara liar diantaranya adalah:

Hilangnya kesuburan tanah mengakibatkan tanah menyerap sinar matahari terlalu banyak sehingga menjadi sangat kering dan gersang. Hingga nutrisi dalam tanah mudah menguap. Selain itu, hujan bias menyapu sisa-sisa nutrisis dari tanah. Oleh sebab itu, ketika tanah sudah kehilangan banyak nutrisi, maka reboisasi menjadi hal yang sulit dan budidaya di lahan tersebut menjadi tidak memungkinkan.

Turunnya sumber daya air juga menjadi bagian dari dampak penebangan hutan secara liar dikarenakan pohon sangat berkontribusi dalam menjaga siklus air melalui akar pohon penyerapan air yang kemudian dialirkan ke daun, kemudian menguap dan dilepaskan ke lapisan atmosfer. Ketika pohon ditebang dan daerah tersebut menjadi gersang, maka taka da lagi yang membantu tanah menyerap lebih banyak air, dengan demikian akhirnya menyebabkan terjadinya penurunan sumber daya air.

Punahnya keanekaragaman hayati, meskipun hutan tropis hanya seluas 6% dari permukaan bumi tetapi sekitar 80-90% dari spesies ada di dalamnya. Akibat penebangan liar yang dilakukan secara besar-besaran ada sekitar 100 spesies hewan menurun setiap ari, keanekaragaman hayati dari berbagai daerah hilang dalam skala besar.

Mengakibatkan banjir dikarenakan hutan yang bergungsi sebagai penyerap air tidak dapat menyerap dan menyimpan air dalam jumlah yang banyak ketika hujan lebat terjadi.

Kita harus menjaga,merawatnya,dengan cara menanam lagi dari nol yaitu dari bibitnya. Menanam itu tidak susah dan bahkan menyenangkan.
Tentunya di negara kita ini sudah banyak yang melakukan penebangan hutan,pohon di hutan ataupun di setiap tempat itu sangat penting dan berguna untuk kita menghirup udara yang segar.

Mari kita lestarikan hutan-hutan,pohon-pohon,maupun tumbuhan yang ada di sekitar kita,negara kita.

VIDEO PILIHAN