Mohon tunggu...
Muhammad Andi Firmansyah
Muhammad Andi Firmansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Politik

Aku kehilangan segalanya, tapi aku menemukan diriku.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Haruskah Kita Keluar dari Zona Nyaman?

10 Mei 2021   16:41 Diperbarui: 10 Mei 2021   16:46 505 14 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Haruskah Kita Keluar dari Zona Nyaman?
Keluar dari zona nyaman membutuhkan perencanaan yang terukur | Ilustrasi oleh Pexels via Pixabay

Saya menjumpai sebuah poster yang agak-agaknya memiliki kekuatan magis, dan barangkali menciptakan percikan sihir bagi siapa pun yang membacanya. Tertulis di sana: Hidup dimulai saat zona nyaman berakhir.

Itu hanyalah bentuk lain yang ajaib dari seruan basi orang-orang dengan mengatakan, "Keluarlah dari zona nyamanmu!"

Meskipun terdengar "benar", saya tidak bisa menerimanya begitu saja. Karena alasan sederhana, saya adalah orang yang cenderung punya kebiasaan yang membosankan. Dan saya tetap bahagia.

Jadi, alih-alih mulai melakukannya, saya memulainya dengan banyak pertanyaan.

Apakah orang-orang begitu terbiasa dengan kenyamanan mereka sehingga mereka mulai berhenti menghargainya? Bagaimana bisa mereka menganggap bahwa kenyamanan itu tidak cukup baik lagi?

Apakah benar bahwa di luar sana ada sesuatu yang jauh lebih baik sedang menanti? Apakah layak mempertaruhkan kenyamanan yang telah kita bangun dengan susah payah?

Apakah kita semua hanyalah jiwa yang gelisah ketika hanya berdiam dalam gelembung yang sama? Apakah kita hanyalah debu kosmik yang perlu membebaskan diri?

Saya tahu bahwa ada banyak kisah yang dibagikan tentang orang-orang yang sukses dengan melakukan sesuatu yang baru. Namun, apakah "hukum" itu berlaku untuk semua orang? Mungkinkah keajaiban yang sama terjadi kepada semua orang? Apa yang menjaminnya?

Ya, sebaiknya saya mulai menganalisis ketimbang menguraikan omong kosong melalui pertanyaan-pertanyaan yang mengganggu Anda.

Apa itu zona nyaman?

Dalam paradigma umum, zona nyaman adalah situasi di mana seseorang merasa nyaman dan aman. Ini berarti, zona nyaman terdiri dari semua situasi menyenangkan yang mengelilingi kita dan membawa kesenangan dalam hidup kita.

Bagi saya, definisi itu terlalu sempit. Yang lebih tepat tentang zona nyaman adalah situasi, baik atau buruk, yang sudah biasa kita lakukan sehingga membangun rutinitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x