Mohon tunggu...
Muhamad Wahid Agus Prasetyo
Muhamad Wahid Agus Prasetyo Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa FKIP Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget

11 Juli 2025   12:54 Diperbarui: 11 Juli 2025   12:54 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.britannica.com/biography/Jean-Piaget

Jean Piaget adalah seorang psikolog Swiss yang lahir pada 9 Agustus 1896 dan meninggal pada 16 September 1980. Ia dikenal sebagai pelopor dalam studi perkembangan kognitif anak. Piaget mengembangkan teori yang menjelaskan bagaimana anak-anak berpikir dan belajar melalui empat tahap perkembangan kognitif: sensorimotor, praoperasional, operasional konkret, dan operasional formal.

Apa itu Kognitif ?

Kognitif adalah proses mental yang berkaitan dengan berpikir, memahami, mengingat, belajar, dan memecahkan masalah. Mengutip dari psikologi.uma menjelaskan proses kogntif memungkinkan seseorang memperoleh informasi, mengolahnya, dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi kognitif mencakup persepsi, atensi (perhatian), memori, bahasa, serta penalaran logis. Kognitif berperan penting dalam perkembangan intelektual dan kemampuan akademik seseorang. Kemampuan ini mulai berkembang sejak usia dini dan terus berkembang melalui pengalaman, pendidikan, serta interaksi sosial. Stimulasi yang tepat seperti membaca, bermain edukatif, dan diskusi dapat meningkatkan kemampuan kognitif secara efektif dan berkelanjutan sepanjang hidup.

Tahap Tumbuh Kembang Anak Menurut Teori Piaget

1. Tahap Sensorimotor (0-2 Tahun)

   - Anak belajar melalui pengalaman sensorik dan motorik.

   - Mengembangkan pemahaman tentang objek permanen, yaitu bahwa benda tetap ada meskipun tidak terlihat.

2. Tahap Praoperasional (2-7 Tahun)

   - Pemikiran simbolis berkembang, tetapi masih egosentris dan tidak logis.

   - Anak mulai menggunakan bahasa dan simbol untuk menggambarkan objek dan pengalaman.

3. Tahap Operasional Konkret (7-11 Tahun)

   - Anak mulai berpikir logis tentang objek konkret dan memahami hubungan sebab-akibat.

   - Mereka dapat melakukan klasifikasi objek dan memahami bahwa orang lain memiliki sudut pandang yang berbeda.

4. Tahap Operasional Formal (11 Tahun ke Atas)

   - Kemampuan berpikir abstrak dan hipotetis muncul.

   - Anak dapat merumuskan teori dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan, serta memecahkan masalah yang lebih kompleks.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun