Mohon tunggu...
muhamad tsabit
muhamad tsabit Mohon Tunggu... Mahasiswa - Tidak menambahkan profil

Welcome to my blog. fun and enjoy......

Selanjutnya

Tutup

Digital

Mengenal Jaringan 5G

31 Juli 2021   03:27 Diperbarui: 31 Juli 2021   03:33 61 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Jaringan 5G
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

5G adalah jaringan seluler generasi ke-5. Ini adalah standar jaringan global baru setelah jaringan 1G, 2G, 3G, dan 4G. 5G merupakan teknologi jenis jaringan baru yang dibuat untuk menghubungkan semua orang dan segala hal termasuk perangkat, mesin, dan objek. Teknologi nirkabel 5G dihadirkan untuk menghadirkan kecepatan yang lebih tinggi, kapasitas jaringan yang lebih besar, dan pengalaman pengguna yang lebih adil bagi lebih banyak pengguna. Performa yang lebih baik dibandingkan jaringan seluler generasi sebelumnya dan peningkatan efisiensi menghubungkan industri baru.

perbedaan antara jaringan 5G dengan jaringan sebelumnya

Jaringan sebelumnya yang pernah ada adalah 1G, 2G, 3G, dan 4G LTE.

Generasi pertama (1G) diluncurkan pada tahun 1980-an. 1G mengirimkan suara. 

Generasi kedua (2G) diluncurka pada Awal 1990-an. 2G memperlihatkan suara secara digital (CDMA- Code Division Multiple Access). 

Generasi ketiga (3G) diluncurkan pada Awal 2000-an. 3G membawa data seluler (misalnya CDMA2000). 

Generasi keempat (4G) diluncurkan pada tahun 2010-an. 4G membawa era mobile broadband. Yang semuanya mengarah ke 5G, yang dirancang untuk menyediakan konektivitas yang lebih baik dari jaringan yang pernah tersedia sebelumnya. 

5G telah dibuat dengan kapasitas yang lebih luas untuk meningkatkan pengalaman pengguna generasi berikutnya, dan memberikan suatu layanan baru. Dengan kecepatan yang lebih tinggi, dan konektivitas yang yang unggul, 5G akan memperluas ekosistem jaringan seluler ke wilayah yang lebih luas. Tentu saja 5G akan berdampak pada setiap industri.

Bagaimana 5G lebih baik dari 4G?

5G merupakan layanan seluler yang lebih baik. Berikut beberapa alasan mengapa 5G lebih baik daripada 4G: • 5G jauh lebih cepat daripada 4G • 5G memiliki daya tampung lebih dari 4G • 5G memiliki latensi yang lebih rendah daripada 4G • 5G memiliki jangkauan yang lebih baik daripada 4G. Dibandingkan dengan 5G, 4G LTE berfokus untuk menghadirkan layanan broadband seluler yang jauh lebih cepat daripada 3G.

5G dibuat untuk menjadi platform yang lebih mampu yang meningkatkan pengalaman broadband seluler, dan mendukung layanan baru seperti komunikasi mission-critical dan IoT yang masif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN