Mohon tunggu...
Muhamad Sidieq
Muhamad Sidieq Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

FOR : Ig : @sidieqqqq

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Guru Ngaji Pencetak Generasi Qur'aniy

1 Juni 2022   11:30 Diperbarui: 1 Juni 2022   11:31 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum wr.wb

halo sobat kompasiana! Kembali lagi sama saya, yg sudah lama tidak kembali kembali seperti bang toyib. Kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman pribadi saya, lebih tepatnya pengalaman spritual dan religius saya. Panjang lebar, luas tinggi, saya akan menceritakan dengan singkat dan jelas bagaimana saya bisa banyak mendapatkan ilmu agama saya selama ini. Banyak sekali pengalaman dan ilmu ilmu yang bisa saya dapat dari guru ngaji saya.

Nama beliau adalah Bu Yus. Saya bertemu lagi dengan guru ngaji saya, bu yus, setelah sekian lama nya bertahun tahun saya tidak panjang lebar ngobrol berdua dengan guru ngaji saya. Yaa! Biasa disebut Bu Yus oleh teman teman saya, saya, dan murid murid lainnya yang diajar oleh beliau. 

hal yang pertama adalah memperkenalkan bagaimana sosok beliau, latar belakang pendidikan beliau, sampai pesan dan kesan untuk saya khususnya. Dan yang kedua adalah menceritakan bagaimana proses saya menempuh ataupun mengenyam ilmu agama itu di masa kecil. 

Saya kenal beliau karena beliau adalah tetangga saya dulu. Beliau terkenal karena sosoknya menjadi panutan guru ngaji, dan dipercaya oleh masyarakat dan orang tua sekitar untuk mendidik dan mengajar anak anak mengenyam ilmu agama. Awal mula beliau memulai menjadi guru ngaji ketika beliau umur 12 tahun. Beliau disuruh mengajarkan baca iqro' ke anak yang lebih muda, sedangkan beliau sudah kelas 5 SD waktu itu, sudah mahir membaca iqro'. Makanya beliau disuruh mengajarkan ilmu nya ke anak anak yang lebih muda di kampung beliau. 

Memiliki kemampuan di bidang agama, apalagi mengajar quran dan iqro dari beliau kelas 5 Sd, akhirnya beliau memutuskan untuk pindah ke Jakarta dan meneruskan kemampuan nya tersebut di Jakarta. Setelah itu beliau ingin sekali kuliah di Jakarta dengan jurusan pendidikan agama islam, dengan maksud bisa menekuni bidangnya tersebut, mungkin beliau berharap waktu itu bisa menjadi seorang guru agama di sekolah. 


Ternyata setelah kuliah dengan harapan bisa menjadi seorang guru di sekolah sekolah, pupus sudah, karena saat itu beliau diuji dengan sakit, sehingga memutuskan untuk menjadi seorang guru ngaji saja. Setelah mengajarkan ngaji di mesjid, beliau ingin istirahat saja di rumah, karena tidak bisa meneruskan lagi. Namun apa daya, kepercayaan dari orang tua didik kepada beliau begitu besar, sehingga beliau terpaksa mengajar saja di rumah. Sejak saat itu lah beliau membuka pengajian di rumah, dan pada saat itulah saya juga ikut belajar mengaji di sana.

Pada masa itu saya sedang dalam proses belajar di tingkat Sekolah Dasar kelas 3, dengan rasa kepercayaan diri saya, saya sangat suka sekali melihat anak anak yang belajar iqro ataupun qur'an. Orang tua awalnya tidak setuju karena biaya, dan itu hanya hal yang sia sia saja. Tapi, dengan rasa ingin tahu saya yg lebih, orang tua pun mengikuti kemauan saya. Saya akhirnya dimasukkan di pengajian u Yus tersebut. 

Rasa sabar dari beliau begitu terasa di dalam hati saya. Mengaji saya yang terbata bata, mulut saya yang tidak mau membuka, itu yang saya rasakan, tapi dengan rasa kegigihan saya dan rasa kesabaran beliau membuat saya menjadi orang yang bisa mengaji bahkan bisa mengajar ngaji ke orang lain.

pesan dan kesan yang disampaikan beliau kemarin adalah :

"kesan saya sama kamu, kamu dulu termasuk yang susah membayar, tapi kamu punya keinginan dan kegigihan yang begitu kuat dibanding temen temen mu. Saya lebih suka murid yang seperti itu, karena menurut saya lebih berharga kegigihan seorang murid dibanding bayaran yang saya terima. Kesadaran diri kamu sudah sangat tinggi"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun