Mohon tunggu...
Muhamad Sidieq
Muhamad Sidieq Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

FOR : Ig : @sidieqqqq

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perang Dunia dan Hak Asasi Manusia

1 Desember 2021   23:16 Diperbarui: 2 Desember 2021   00:03 45 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

HAM DAN PERANG DUNIA

PERANG DUNIA I

Perang Dunia I atau biasa disebut PDI, adalah perang antar beberapa negara yag berlangsung di Eropa yang dimulai pada tanggal 28 Juli 1914 sampai dengan 11 November 1918 sampai terjadinya Perang Dunia ke II atau PDII, pada tahun 1939.

Perang Dunia I melibatkan dua aliansi negara, yang pertama Aliansi Sekutu terdiri atas Britania Raya, Perancis dan Rusia, yang kedua Aliansi Blok Sentral terdiri atas Jerman, Austria -- Hongaria, dan Italia. Pertempuran ini membuka jalan untuk berbagai perubahan politik bahkan revolusi di beberapa negara.

Penyebab dari terjadinya Perang Dunia I adalah Militarisme, maraknya perlombaan senjata atas negara negara, dan mahalnya senjata di daerah Eropa, sehingga banyak lah negara negara yang beraliansi dan berteman dengan negara negara di Eropa. 

Sebenernya Aliansi Tiga Negara atau biasa dikenal dengan Etente Tiga, yaitu kekaisaran Jerman, Austria -- Hongaria, dan Italia yang sudah beraliansi sejak 1882 sehingga memicu negara lain ingin berlomba memiliki senjata yang banyak dan kuat ( Militarisme ).

Kemudian Perang Dunia I meledak ketika Putra Mahkota Austria -- Hongaria, Franz Ferdinand terbunuh. Sehingga Triple Alliance ( Aliansi Tiga Negara ) melakukan penyerangan ke Barat. 

Dengan demikian, Perang Dunia I melibatkan dua kubu aliansi, yakni Triple Alliance melawan Triple Atente ( Inggris, Perancis, dan Rusia ) atau biasa disebut dengan Uni Soviet.

Perang Dunia I meluas sehingga melibatkan Negara Amerika Serikat di Benua Amerika karena ada warga negara nya yang tewas akibat penyerangan Jerman Nazi pada Kapal Lusitania dan merapat pada Triple Entente.

Saat terjadi "Serangan Seratus Hari" di Jerman yang mengakibatkan Jerman kalah dan menyerah sehingga berhenti lah peperangan tersebut. Resmi berhenti pada tanggal 11 November 1918. Berikut penjelasan Dua Aliansi Dunia :

Triple Alliance :

  • Jerman
  • Austria -- Hongaria
  • Turki Utsmani
  • Bulgaria

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan