Mohon tunggu...
Muhamad Imam Qusyaeri
Muhamad Imam Qusyaeri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

"Hidup Mulia Atau Mati Syahid"

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pemanfaatan Media YouTube dalam Meningkatkan Media Pembelajaran

28 Juli 2021   22:30 Diperbarui: 31 Juli 2021   14:50 42 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemanfaatan Media YouTube dalam Meningkatkan Media Pembelajaran
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengembangan media pembelajaran online sangatlah diperlukan untuk saat ini. Namun, hal itu tidaklah mudah bagi negara kita. Indonesia merupakan salah satu negara yang kewalahan dalam menangani kasus covid-19, terbukti dengan terus menerus bertambahnya jumlah korban bukannya tanpa alasan namun ini terjadi karena kurangnya edukasi dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri dalam menyikapi wabah ini.  Turunnya kualitas pendidikan di Indonesia pun merupakan salah satu dampak buruk dari adanya wabah ini, banyak keluhan dari peserta didik, orang tua dan guru dalam berlangsungnya pembelajaran daring. 

KKN Tematik UPI 2021 merupakan bukti nyata dari peran Universitas Pendidikan Indonesia dalam menanggulangi penyebaran covid-19 dengan membangun desa melalui bidang Pendidikan. Disini mahasiswa berperan dalam pencegahan dan penanggulangan covid diantarannya adalah dengan mendampingi guru dalam mengembangkan media pembelajaran agar terlaksananya PJJ dengan baik. 

Sekolah harus bisa memastikan pembelajaran berjalan dengan baik, karena dengan begitu peserta didik generasi covid ini tetap bisa menjalankan pendidikan yang baik sesuai jenjangnya. Dalam pembelajaran daring tentu akan sangat berbeda dengan ketika dilaksanakan luring, oleh karena itu guru harus bisa beradaptasi dengan keadaan dan mampu meng-upgrade kemampuan diri dalam proses belajar mengajar terkhusus pada situasi saat ini yang diberlakukannya pembejaran daring.

Program yang telah terlaksana mahasiswa adalah mendampingi peserta didik dalam pembelajaran dengan membantu administratif rancangan kegiatan MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) dengan mengkoreksi dan memperbaiki proposal kegiatan dengan mengacu pada pencegahan covid-19 dan selanjutnya berfokus pada mendampingi guru dalam pengembangan media pembelajaran dengan membuatkan video pembelajaran yang akan diunggah ke YouTube.

Banyak media yang tersedia untuk bisa dilakukannya pembelajaran daring seperti WA, Telegram, YouTube dan juga aplikasi tatap maya seperti Google Meet, Zoom dsb. Media tersebut akan sangat membantu dalam proses PJJ namun dengan keterbatasan kemampuan guru ataupun murid dalam menggunakan media tersebut menjadi sebuah problema. Ini merupakan hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah dalam membuat kebijakan. Karena sudah kita ketahui bersama bahwa pembelajaran online ini ada kurang dan lebihnya.

Dengan dilakukannya pembelajaran secara daring akan membuat penyebaran virus semakin rendah. Peran mahasiswa disini dalam menanggulangi covid yang bertempat di Desa Panyocokan dengan sasaran anak SMA sederajat dalam mengembangkan media pembelajaran online adalah merupakan hal yang akan berdampak positif dalam peningkatan pembelajaran juga dapat menimalisir penyebaran virus covid-19 karena terlelenggaranya PJJ dengan baik. 

KKN yang dilaksanakan di MA Wanasari Ciwidey, Kabupaten Bandung dalam rangka menanggulangi covid merupakan bukti nyata pengabdian mahasiswa terhadap bangsa nya. Disini seorang mahasiswa melakukan pengembangan media pembelajaran dengan membuatkan video pembelajaran yang menarik melalui platform YouTube. Bukan tanpa alasan mengapa mahasiswa memilih media video, melihat disekolah ini belum optimalnya media pembelajaran online yang hanya terpaku pada penggunaan WA. Dikarenakan efisiensinya pun dibandingkan media lain cukup baik, media YouTube ini memberikan konten audio visual juga dapat diputar berulang-ulang sehingga memudahkan peserta didik dalam memahami suatu materi pembelajaran.

Pengembangan media pembelajaran pernah dilakukan pihak sekolah dengan menggunakan google form namun tidak efektif dan kurang dapat diterapkan karena ketidaksiapan peserta didik dalam menggunakannya, hal tersebut dilatarbelakangi dengan berbagai alasan mendasar seperti kurangnya perhatian  peserta didik dalam penggunaannya . Oleh karena itu guru kembali hanya terpaku pada penggunaan WA sebagai media perantara menyampaikan tugas atau file materi. Disini  mahasiswa dengan tekad ingin mengembangkan PJJ lebih baik lagi melakukan usaha dengan membuatkan video pembelajaran. Alhasil pembelajaran online menjadi lebih efektif, variatif dan membuat peserta didik dapat memahami materi lebih baik lagi.

Dengan demikian Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tidak boleh menjadi alasan tidak berlangsungnya pendidikan dengan baik. Indonesia harus bisa mengejar ketertinggalan pendidikan dengan melakukan berbagai pengembangan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru selaku pelaku pendidik. Hal itu tidak mudah, dibutuhkan proses dan keseriusan dari berbagai pihak yang terkait. Oleh karena itu semoga dengan terbuatnya beberapa video pembelajaran bisa menjadi panduan bagi guru untuk bisa terus mengembangkan media/metode pembelajaran yang di lakukan di MA Wanasari Ciwidey, Kabupaten Bandung.  Terima kasih. 

Lampiran link video :

https://youtu.be/4mUHO0ox2rA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN