Mohon tunggu...
Muhamad Fadzri
Muhamad Fadzri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi yang sedang mengembangkan diri dan mencapai berbagai prestasi

Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang belajar serta membagikan rekomendasi dan juga trending topic yang bermanfaat and ready to eksplore

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pentingnya Mengelola Serta Menjaga Kesehatan Mental bagi Mahasiswa

24 Oktober 2023   22:03 Diperbarui: 24 Oktober 2023   22:23 252
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan mental merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk dijaga bagi setiap orang, khususnya para remaja saat ini yang selalu memberikan sebuah pembaruan kebiasaan serta hal-hal seputar kehidupan mengenai keseimbangan diri itu sendiri. Kesehatan mental untuk saat ini menjadi sorotan dan juga sebuah hal yang sering dibicarakan setiap orang khususnya bagi remaja hingga dewasa. Kata kesehatan mental atau mental health menjadi sebuah trending topic bagi kalangan remaja hingga dewasa untuk saat ini, dikarenakan sebuah kebiasaan serta masalah bagi setiap orang selalu dihubungkan dengan kata mental health itu naik pada generasi milenial hingga generasi Z menjadi popular dikarenakan terjadinya masalah kesehatan tersebut.

Ketidakseimbangan kesehatan mental ditandai dengan adanya depresi bisa karena tugas yang sangat banyak, mahalnya biaya kuliah bagi mahasiswa, maupun segala tuntutan dalam lingkungan keluarga. Seseorang yang depresi karena ketidakseimbangan Kesehatan mental merupakan seseorang yang sangat bisa menutupi diri, didepan umum mereka bisa tertawa namun ketika sedang menyendiri mereka akan mengurung diri karena beban yang ditimpanya mengakibatkan Kesehatan mental tidak berjalan dengan baik.

Mengelola serta menjaga Kesehatan mental bagi setiap orang khususnya mahasiswa merupakan bentuk usaha dalam menciptakan generasi yang baik serta menumbuhkan pikiran yang jernih. Bentuk dasar dalam pentingnya menjaga Kesehatan mental adalah tentang pola pikir mahasiswa itu sendiri, dalam hal ini didasari dengan terciptanya ketidakseimbangan Kesehatan mental merupakan pengaruh banyaknya pikiran serta mengakibatkan tidak semangat atau tidak bergairah dalam menjalani kegiatan sehari-hari yang menimpa bagi mahasiswa itu sendiri.

Keseimbangan Kesehatan mental sangat penting bagi imunitas tubuh serta pikiran karena akan menyangkut pola pikir bagi seorang mahasiswa. Pentingnya mengelola sebuah Kesehatan mental ditandai dengan adanya sebuah rombakan penting atau tujuan dalam hidup, mengenai penyaringan sebuah masalah-masalah yang menghantui pikiran bagi seorang mahasiswa. Karena bila mahasiswa tidak seimbang dalam mengelola Kesehatan mental akan memengaruhi kepribadiannya, saking rusaknya mental health akan berujung ketidaknyamanan seperti diberi nasehat akan marah dan juga dalam berbaur akan ada rasa takut maupun sedih.

Pentingnya mengelola serta menjaga kesehatan mental bagi mahasiswa merupakan kunci sukses dalam menjalani sebuah kehidupan karena setiap orang bisa mengalami perubahan dari satu ke yang lainnya. Setiap orang khususnya mahasiswa mengalami perubahan sikap yang signifikan dalam sehari harinya, diawali dengan beberapa kegiatan dilingkungan kampus maupun dilingkungan keluarga yang bisa saja menjadi masalah dari setiap harinya. Ketidakseimbangan Kesehatan mental bisa saja tercipta dengan adanya perasaan cemas yang mengahantui seseorang dalam bersikap, sikap cemas inilah menjadi penyebab tidak sehatnya Kesehatan mental bagi setiap orang.

Mengelola serta menjaga Kesehatan mental bisa diawali dengan berbagai kegiatan yang signifikan, karena ketika seseorang lelah mentalnya maka harus segera mencari cara yang efektif untuk mengatasinya.  Kesehatan mental perlu dijaga dengan baik agar setiap orang khusunya mahasiswa dapat mengikuti segala kegiatan dengan penuh rasa semangat dan aura yang positif. Mengatasi lelah pada Kesehatan mental bisa juga dengan cara seperti menenangkan pikiran istirahat yang cukup atau bisa juga dengan cara ungkapan segala bentuk perasaan dalam sebuah forum agar semua orang dapat memahami serta memberikan dukungan dari hasil curahan hati kita.

Sumber: Pena PIjar
Sumber: Pena PIjar

Generasi mahasiswa zaman sekarang kebanyakan berada dalam tingkat generasi z atau biasa disebut gen z, generasi inilah yang mempopulerkan sebutan kata-kata baru maupun kebiasaan baru yang akan memengaruhi kebiasaan bagi setiap orang. Kata mental health, broken home, maupun dan lainnya merupakan kata yang popular dan sering digunakan dalam generasi Z ini. Oleh sebab itu bagi mahasiswa dizaman sekarang keberadaan Kesehatan mental sangat disoroti dengan adanya perkembangan zaman yang berubah maka kebiasaan pola pikir maupun perilaku pun akan berubah dengan sendirinya. Perlu diperhatikan dan disoroti dalam mengelola serta menjaga Kesehatan mental bagi mahasiswa, karena sifatnya sangat penting bagi pola pikir serta tingkat fokus dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar.

Ketidakseimbangan kesehatan mental atau mental health mudah ditemukan dalam diri seorang mahasiswa, karena dalam dunia perkuliahan merupakan dunia yang sangat penuh persaingan bagi setiap orang mulai dari biaya kuliah, tugas yang tak kunjung selesai, hingga berbagai masalah dalam dunia perkuliahan lainnya. Faktor turunnya Kesehatan mental bagi mahasiswa ditandai dengan rasa cemas yang menggebu-gebu dalam perasaannya, bisa karena tekanan batin maupun tekanan lingkungan sekitar. Oleh sebab itu menjaga keseimbangan Kesehatan mental begitu sangat penting bagi setiap orang, dan menjadi tujuan suksesnya tantangan itu sendiri.

Keseimbangan Kesehatan mental dapat diatur dengan cara usaha yang produktif sehari-harinya walau tidak mudah dalam menjalani sebuah tantangan, sebagai mahasiswa mencari solusi adalah sebagai tanggung jawab yang besar dan menjadikan patokan sebuah proses yang positif bila sebuah solusi itu berjalan dengan baik dengan melakukan berbagai hal yang positif serta produktif dapat memancarkan aura yang positif juga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun