Mohon tunggu...
muhamad nur rizky
muhamad nur rizky Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswa di Tangerang

saya suka uang tapi uang suka habis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi 4.0

24 Mei 2022   00:36 Diperbarui: 24 Mei 2022   00:38 476 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Generasi emas (Generasi 4.0) yaitu suatu masa dimana kelompok manusia pada masa tersebut mempunyai keunikan yang dapat memberi ciri pada dirinya sendiri dan pada revolusi 4.0, generasi emas harus dipersiapkan untuk menghadapi tantangan pada zamannya, seperti halnya melaksanakan pembangunan dengan sumber daya yang ada dan akan ada, seperti Sumber Daya Manusia (SDM), serta menjaga keberlangsungan dan  keberlanjutan dari pembangunan dan sumber daya tersebut. 

Bila dikaitkan antara generasi dengan pembangunan, maka keberadaan generasi tidak akan terlepas dari karakter dan ciri-ciri penduduk suatu bangsa beserta kondisinya, karena setiap manusia mempunyai karakter dan ciri khas masing-masing pada dirinya, oleh karena itu pembentukan generasi emas tidak akan terlepas dari pendidikan. 

Karena melalui pendidikan, khususnya pendidikan kewarganegaraan, karakter bangsa dapat terbentuk. Seperti, kemandirian akan terwujud. Nilai budaya dapat tertanamkan, dan dapat mengetahui bagaimana sifat dan karakter dirinya masing masing

Era reformasi ini banyak sekali permasalahan melalui gejolak yang timbul mengenai perubahan demokrasi

Terutama di saat sekarang kecenderungan universal permasalahan PKN banyak sekali bersinggungan dengan perubahan masyarakat yang mengglobal yang berlangsung sangat cepat. Sebagai kondisi yang dihadapkan pada situasi pandemic saat ini. 

Ada banyak bukti yang mendukung gagasan bahwa keterampilan teknis berfungsi sebagai prasyarat dan aspek fundamental untuk proses keterlibatan dalam komunitas.

Menurut Purbo, pergeseran paradigma pendidikan secara drastis terjadi karena cepatnya perkembangan arus informasi, akibat adanya efisiensi teknologi yang memungkinkan memudarnya batas-batas dimensi ruang kehidupan sosial manusia. 

Pergeseran paradigma pendidikan tersebut bermuara pada tuntutan perubahan pembelajaran berbasis multimedia yang bersumber dari internet. Penerapan E-Learning merupakan suatu kebutuhan dan realitas konkrit yang harus diterima sebagai bagian penting dan sumber belajar. 

Jadi, meskipun pembelajaran dilakukan lewat internet atau E-Learning teman-teman tetap harus semangat

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan