Mohon tunggu...
Mugiarni Arni
Mugiarni Arni Mohon Tunggu... Guru - guru kelas

menulis cerita

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Soto Sokaraja, Cita Rasa Kampung Halaman

18 November 2023   12:34 Diperbarui: 18 November 2023   15:13 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar pixabay.com gratis 

Soto Sokaraja, Cita Rasa Kampung Halaman

Oleh Mugiarni 

Saya sudah lama tidak pulang kampung. Terakhir kali saya pulang kampung adalah lima tahun yang lalu. Saat itu, saya masih kuliah di Jakarta. Sekarang, saya sudah bekerja dan menetap di Jakarta.

Satu hal yang paling saya rindukan dari kampung halaman adalah soto sokaraja. Soto sokaraja adalah makanan khas Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Soto ini terbuat dari daging sapi, tauge, dan kuah kaldu yang gurih. Selain itu, soto sokaraja juga disajikan dengan berbagai macam pelengkap, seperti bawang goreng, daun bawang, dan kerupuk.

Saya ingat betul, dulu saya sering makan soto sokaraja bersama keluarga. Soto sokaraja selalu menjadi menu favorit saya. Rasanya yang gurih dan nikmat selalu membuat saya ketagihan.

Suatu hari, saya sedang merasa rindu kampung halaman. Saya pun memutuskan untuk pulang kampung. Saya sudah tidak sabar untuk menikmati soto sokaraja yang khas.

Sesampainya di kampung halaman, saya langsung menuju ke warung soto sokaraja langganan keluarga saya. Warung soto ini sudah ada sejak saya masih kecil. Rasa sotonya selalu konsisten dan tidak pernah berubah.

Saya memesan satu porsi soto sokaraja lengkap dengan semua pelengkap. Sotonya disajikan dalam mangkuk kecil. Kuahnya berwarna kuning kecoklatan dan tampak sangat gurih. Daging sapinya juga terlihat empuk dan juicy.

Saya segera menyendok kuah sotonya. Rasanya benar-benar gurih dan nikmat. Daging sapinya juga sangat empuk dan juicy. Saya pun menghabiskan sotonya dengan cepat.

Sambil menikmati soto, saya membayangkan masa-masa kecil saya. Saya ingat betul, dulu saya sering makan soto sokaraja bersama keluarga. Soto sokaraja selalu menjadi momen kebersamaan yang menyenangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun