Mohon tunggu...
Mudrika Munawaroh
Mudrika Munawaroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Turut Serta dalam Mencegah Penyebaran Covid-19

12 November 2021   13:00 Diperbarui: 12 November 2021   13:21 28 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Virus Corona atau COVID-19 pertama kali muncul di Wuhan, salah satu kota di China. Simpang siur kabar soal sumber kemunculan virus ini mulai dari makanan hingga hewan-hewan unggas. 

Virus ini mudah sekali menyebar. Komisi Kesehatan Nasional China mengkonfirmasi virus Corona dapat ditularkan dari manusia ke manusia yang terinfeksi. 

Bahkan virus itu bisa saja menempel di salah satu tempat dekat pasien  yang terinfeksi virus Corona. Tidak terasa virus Corona sudah menginjak hampir 3 tahun terkhususnya di negara Indonesia.

Masyarakat Indonesia melewati berbagai macam kebijakan yang sudah di buat oleh pemerintah yaitu mulai dari masa karantina secara besar-besaran di mana masyarakat di larang untuk melakukan kegiatan yang mana banyak berhubungan sosial baik secara individu maupun berkelompok. 

Dengan adanya kebijakan tersebut perkembangan kasus virus Corona tidak begitu cepat. Namun setelah libur lebaran muncul virus Corona varian baru hal ini menyebabkan perkembangan virus Corona melonjak tinggi di Indonesia. 

Kemudian pemerintahan membuat kebijakan baru mengenai vaksin, di mana masyarakat wajib untuk vaksin yang berfungsi untuk mengurangi penyebaran virus, selain untuk mengurangi penyebaran virus. 

Vaksin sebagai syarat penting untuk masyarakat dapat melakukan perjalanan jauh, makan di restoran, pergi ke Mall dan tempat-tempat umum lainnya. 

Dokpri
Dokpri

Walaupun masyarakat sudah banyak yang mengikuti vaksin. Akan tetapi, banyak masyarakat yang lalai dengan protokol kesehatan yaitu salah satunya menggunakan masker di tempat umum.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan bagi-bagi masker di tempat umum salah satunya yaitu pasar Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah.

Pembagian masker ini di lakukan dari pukul 08.00 WIB hingga selesai  yang dibagikan secara merata di pasar Ngaliyan, Semarang. pada proses pembagian masker ini, masyarakat menyambut dengan baik adanya program yang di laksanakan oleh mahasiswa KKN. 

Salah satu masyarakat menyebutkan bahwa kegiatan ini sangat perlu di lakukan karena banyaknya masyarakat yang berlalu-lalang tidak menggunakan masker. Masyarakat takut jika terjadi lagi virus Corona varian baru. Jika virus varian baru muncul maka akan menghambat kehidupan sehari-hari. 

Dengan demikian mahasiswa UIN Walisongo Semarang berharap dengan adanya pembagian masker ini. masyarakat menjadi taat menggunakan masker di pasar ataupun di tempat umum lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan