Mohon tunggu...
mudhafarsyah eka nanda
mudhafarsyah eka nanda Mohon Tunggu... Aktivis, Enterpreneur dan Analis Kebijakan Publik

Arsyah Nanda adalah nama panggilan Mudhafarsyah Eka Nanda yang dikenal sebagai pendiri perusahaan ekonomi kreatif Cipta Diaspora Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan UMKM lintas negara. Saat Ini Arsyah Nanda sedang menyelesaikan studi kebijakan publik dan Ilmu pemerintahan di universitas Ankara Y.B Sembari menjadi penggiat kegiatan sosial di komunitas Learn From Turkey yang bergerak di bidang literasi.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Mengajar Bahasa Turki, Cara Diaspora Indonesia di Turki Berbagi Selama Pandemi

29 Mei 2020   21:37 Diperbarui: 29 Mei 2020   21:45 38 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengajar Bahasa Turki, Cara Diaspora Indonesia di Turki Berbagi Selama Pandemi
Dok. Diaspora Turki

Berawal dari masa karantina yang dialami mahasiswa Indonesia di luar negeri sekelompok mahasiswa Indonesia di Turki mengadakan kegiatan mengajar bahasa Turki yang akan berlangsung dari tanggal 3-30 Juni 2020 secara online.

Kegiatan ini diinisiasi oleh diaspora Indonesia di Turki sebagai pengajar yaitu Arsyah Nanda, Ahmad Lutfi Muzakky, Hani Wardahan dan Annisa Nur Hidayah serta didukung oleh asosiasi Istanbul Startup Forum, komunitas Study Corner Indonesia dan komunitas Learn From Turkey sebagai penggerak dalam kegiatan ini.  

Kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum standar pendidikan dasar bahasa Turki (TOMER) yang telah dimodifikasi untuk pembelajar jarak jauh dan tatap muka yang disesuaikan dengan sistem pembelajaran di Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan setiap hari rabu dan sabtu  dengan pengajar (hoca) dan pendamping (danisman) yang juga turut membimbing kegiatan ini melalui grup whatsapp per kelompok terdiri dari 50 orang ogrenci (pelajar) disetiap kelompoknya.

Kegiatan ini sukses mengundang partisipan sebanyak 402 orang dari seluruh Indonesia pada batch pertama dan dilaksanakan secara daring melalui media zoom conference.

Di sela-sela workshop kegiatan bahasa Turki ini, penyelenggara juga  menghadirkan berbagai pembicara dari berbagai instansi pendidikan, vlogger, sejarawan, youtuber serta diaspora Indonesia yang menginspirasi di luar negeri.

Pendaftar yang berminat untuk mengikuti workshop bahasa Turki batch berikutnya dapat menghubungi para pengajar maupun komunitas terkait melalui media instagram untuk informasi pendaftaran batch berikutnya apabila telah dibuka kembali.

VIDEO PILIHAN