Mohon tunggu...
H. Muchtar Bahar
H. Muchtar Bahar Mohon Tunggu... Ingin hidup lebih lama untuk berbagi

Alumni IAIN Imam Bonjol Padang. Sebelum merantau ke Jakarta tahun 1974, merasakan menjadi anak jalanan, di Pasar Jawa Padang. Berkesempatan mengikuti studi non degrre di International Institute Rural reconstruction (IIRR) Silang, Cavite, Philippines dan post graduate special program tentang ”NGO and Urban Development” di Institute of Housing Studies (IHS), Rotterdam. Mengikuti pelatihan dan seminar di Paris, Bangkok, Singapura, Kuala Lumpur, Manila, Penang, Nepal dan dalam negeri. Dipanggil ”babe” oleh sejawatnya di LSM. Mengikuti Pelatihan Peneliti Muda di LP3ES dan Tim Program LP3ES hingga tahun 1988. Tahun 1989 merintis Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sosial Ekonomi (LPPSE), menjabat sebagai Ketua, hingga tahun 1995 dan pada tahun itu merintis Yayasan Bina Masyarakat Sejahtera (BMS). Dipercaya sebagai Ketua Forum Pengembangan Koperasi (Formasi), Asosialsi Konsultan Pembangunan Perumahan dan Permukiman (AKPPI) wilayah Jabodetabek, Asosiasi Keuangan Mikro (AKM), dan Jaringan LSM Bidang Perkotaan. Menjadi konsultan UNDP untuk, Program P4K Departemen Pertanian-IFAD, Roma (2003-2004), P2KP, Penanggulangan bencana di Aceh (NAD) dan Nias, (ADB-Bina Swadaya, 2005-2006. Pendiri dan Pengurus IKBAL AMM Sumbar Jaya, Anggota Badan Pembina YPMUI. Penulis ”Direktori LSM dan Mitra 2000”, bersama Siswanto Imam Prabowo.SE, (LPPSE, 2001), Anggota tim Editor ”Direktori Orsos, Departemen Sosial”, yang diterbitkan Kementrian Sosial. Penulis dan Editor buku The Desire of Change Pemberdayaan”, dengan Siswanto Imam Prabowo.SE (LPPSE, 2013), Ketua Editor ”Mambangkik Batang Tarandam: Minangkabau di Tapi Jurang” dengan H. Albazar Arif, H.Taufik Bey, H.Farhan Muin (YPMUI, 2013). Menerbitkan kumpulan tulisan dengan judul; “Bersama Masyarakat, Menata Kota”, BMS, 2014. Sedang mempersiapkan buku humor; ”Ngakak Politikus dan Koruptor”, bersama Siswanto Imam Prabowo dengan ilustrator Dicksy Iskanda, Bersama dengan. H. Albazar Arif. Telah menerbitkan buku, ”Kucindan jo Kurenah Urang Awak”, bersama dengan H. Albazar M Arif dan Ilustrator Dicksy Iskandar, 2015. Telah menyelesaikan buku, ”Hamba-Hamba Pilihan”, bersama dengan H. Albazar M Arif Sedang mempersiapkan buku “Humor Religius”, bersama H.Endang Basri Ananda, H. Albazar M Arif dan Ilustrator Dicksy Iskandar. Menulis berbagai tulisan dan makalah serta modul pelatihan untuk usaha kecil, koperasi, ekonomi keluarga, fasilitator lembaga keuangan masyarakat dan penguatan masyarakat sipil. Tinggal di Jakarta dan diberikan amanah 4 orang anak dengan 10 orang cucu.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kisah-kisah Inspiratif

21 Maret 2021   09:32 Diperbarui: 21 Maret 2021   14:02 123 0 0 Mohon Tunggu...

Cukup menyejukkan saat membaca sebuah kisah dibawah judul "Ibadah Yang Sia Sia", tentang seseorang bernama Abu Hasyim yang setiap malam sholat tahajud dan berdo'a. Suatu ketika mereka pergi kesumur dalam udara dingin dan melihat seseorang duduk diatas sumur. Abu Hasyim berkata,  "Siapa kamu". Jawab dia,  "Saya  malaikat".

Abu Hasyim tersenyum riang dapat bertemu dengan malaikat. Abu Hasyim,  "Apa yang kau bawa?". Jawab malaikat, "Kitab". Abu Hasyim, "Adakah namaku". Jawab malaikat, "Tidak  ada". Abu Hasyim, "Kenapa tidak ada, saya berdo'a selalu dan tidak tercantum di buku" Jawab malaikat, "Engkau lupa bahwa kau selalu sujud dan berdo'a, akan tetapi engkau tidak melihat saudaramu kelaparan, sakit, menderita". Abu Hasyim, "Menangis merasa bersalah" Jawab Malaikat, "Marilah kita sama-sama  mengimbangi antara bersujud dan melihat kekiri dan kekanan,  apakah ada yang memerlukan bantuan".

Itu sebagian petikan  yang digaris bawahi oleh Yudi Anhar, Bekasi, Ketika membaca buku,  "Kisah Kisah Inspiratif",  Alinea  pertama halaman  32, di buku ini.

H.Yusuf Sisus Dosen Universitas Al Azhar, Jakarta, memberikan catatan lain, "Buku dengan kisah kisah pendek, namun makna nya dalam". "Isi buku itu pengalaman nyata yang ditulis dengan bahasa sederhana dan menarik", kata H Yasin  Rahman yang tinggal di Puri indah Jakarta Barat.

"Kisah Kisah Inspiratif", sebuah kumpulan kisah-kisah yang diharapkan memberikan inspirasi kepada pembaca nya, diterbitkan oleh Yayasan Pembangunan Manusia Utama Indonesia (YPMUI), Jakarta tahun 2021, setebal 450 halaman.

Buku ini dipersiapkan oleh trio penulis  yakni  H.Muchtar Bahar, H. Denny Agusta dan H.Albazar M Arif, dengan bantuan relawan  Hendry Maulidy dan Luthfi Faridh Rahman. Sebuah kumpulan kisah-kisah yang  diharapkan memberikan inspirasi kepada hamba Allah yang cinta sesama dan berusaha lebih dekat dengan Rasul dan sang Pencipta. Inspirasi bagi keluarga, para pendidik, da'i, penggiat pemberdayaan masyarakat dan para motivator.

Keseluruhan topik di buku ini 96 topik yang dibagi dalam Sembilan bahagian (BAB) mulai dari Ubudiyah,  Taubat, Taqarrub, Kejujuran, Orang Tua dan Anak, Suami Istri,, Pendidikan, Keikhlasan dan Kepedulian. Pada bagian akhir dilampirkan profil penulis dan  penerbit.

Sumber dari kisah kisah ini adalah media sosial, portal, buku referensi dan kiriman tulisan khusus dari beberapa teman yang aktif selama ini di Ikatan Keluarga Besar Alumni Angkatan Muhammadiyah  (IKBAL AMM SUMBAR JAYA), yang tinggal di Jabodetabek, Sahabat di YPMUI, BMS Foundation dan  lembaga non profit lainnya. Petikan kisah nyata dan pengalaman teman-teman dan masyarakat yang patut dimaknai

Bagi IKBAL AMM SUMBAR JAYA dan YPMUI buku ini adalah buku kesembilan yang diterbitkan  sendiri dan yang diterbitkan  bermintra dengan lembaga lain.

Semoga bermanfaat dan diharapkan saran untuk kelanjutan penerbitan buku edisi berikutnya. Bagi sahabat  yang berminat dapat memintanya dan mengirimkan alamat lengkap ke penulis dan atau YPMUI. Buku ini tidak diperjual  belikan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x