Mohon tunggu...
Muammar Khaddafi
Muammar Khaddafi Mohon Tunggu... Programmer - Mahasiswa

Mencintai buku dan ilmu sosial

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengenalan Dasar Pengoperasian Komputer pada Anak Usia Dini

16 Oktober 2021   12:51 Diperbarui: 16 Oktober 2021   13:14 51 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Pada Rabu, 6 Oktober 2021 Fakultas Teknik Informatika Universitas Pamulang (UNPAM) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diberi judul PENGENALAN DASAR PENGOPERASIAN KOMPUTER PADA ANAK USIA DINI. Kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah mahasiswa semester 7 dari kelas 07TPLE004 beranggotakan 5 Orang yang di Ketuai oleh Saudara Muammar Khaddafi dengan Dosen Pembimbing Ibu Munawaroh, S.Kom., M.Kom dan bekerja sama dengan Yayasan mizan amanah. Kegiatan PKM ini berjalan Sukses dan Lancar. Adapun kegiatan ini merupakan program wajib dari Universitas Pamulang yang dilakukan oleh Mahasiswa pada Semester 7

Beralamatkan di JL.Raya Jagakarsa Jalan Raya Tengah No.3,RT.6/RW.2,Jagakarsa,Kec.Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Sasaran program Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Anak-anak yang berada di yayasan panti asuhan mizan. Kami selaku penyelenggara sangat berterimakasih dan sangat senang atas antusias para anak-anak dalam masa pandemi Covid seperti masih tetap semangat mengikuti kegiatan ini. Besar harapan kami dengan adanya PKM ini Anak-anak yang berada dipanti asuhan mizan lebih bersemangat dalam belajar dan mengenal computer . Pengenalan dasar computer ini sangat bermanfaat bagi anak-anak pada usia dini yang berada di yayasan mizan tersebut agar kelak pada saat mereka ada pembelajaran tentang computer setidaknya mereka cukup mengetahui tentang cara pengoperasian computer itu seperti apa.

Pengenalan dasar penoperasian computer ini dijelaskan oleh ketua kelompok Muammar Khaddafi.

Dalam menyampaikan materi awal anak-anak yang berada di yayasan yatim piatu mizan dikenalkan apa itu computer dan satu persatu kami jelaskan apa itu monitor, keybord dan mouse serata cara menghidupkan dan mematikan computer dengan didampingi oleh kakak-kakak dari mahasiswa teknik informatika UNPAM. Dan hasilnya anak-anak yayasan yatim piatu mizan dapat memahami dan mengerti apa itu computer.

Pada tahap ini anak -- anak mizan langsung Antusias untuk memperhatikan penjelasan dan contoh yang sedang d lakukan dalam melakukan uji coba praktek untuk pengoperasian komputer dari awal menyalakan komputer, pengoperasian sampai mematikan komputer  dengan di damping langsung oleh Kakak-kakak dari Mahasiswa Teknik Informatika UNPAM. Dan hasilnya anak -- anak yatim mizan dapat memahami cara pengoperasian komputer secara langsung biarpun mungkin sedikit kurang dalam tingkat pengoperasian karena masih awamnya dalam awal pembelajaran mengenai komputer.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Adapun tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Agar anak-anak yang berada di yayasan yatim piatu mizan mengerti apa itu komputer dan cara pengoperasiannya. Sehingga anak-anak yayasan yatim piatu mizan mengetahui dan mengerti komputer pada saat mereka mendapatkan mata pelajaran tentang komputer di sekolah.Melihat antusias belajar mereka yang sangat ingin mendalami ilmu tentang komputer dan bakal pegangan dasar ilmu yang nantinya akan mereka dalami di tingkatan sekolah berikutnya, kami merasa termotivasi dan mempunyai keinginan agar berjalannya ilmu tentang komputer di lapisan masyarakat terutama di yayasan yatim piatu agar lebih mengenal juga tentang teknologi komputer.

Penulis  : Muammar Khaddafi ( Mahasiswa Prodi Teknik Informatika S1, Universitas Pamulang )

Dosen Pembimbing PKM : Ibu Munawaroh S.Kom, M.Kom

Penganngung Jawab Berita / Kegiatan :

1. Muammar Khaddafi

2. Hafiz Subrata

3. Eko Apriyanto

4. Muhamad Iqbal 

5. Wawan Darmawan

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan