Mohon tunggu...
Mualifah MacicaPutri
Mualifah MacicaPutri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA, Fakultas Agama Islam, Pendidikan Agama Islam.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengajaran Pembelajaran Al-Qur'an dengan Metode yang Mengasyikkan di Majelis Ta'lim/TPA Amaliyah

22 Januari 2022   07:21 Diperbarui: 22 Januari 2022   08:44 74 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tugas Mata Kuliah Pendidikan PAI Luar sekolah  di kelas 3C, Mualifah Macica Putri (2007015150)  Dosen pengampu Muhammad Arifin Rahmanto, M.Pd

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA 

Penjelasan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Pada haru Jum'at, 10 Desember 2021. Saya telah melaksanakan tugas mengajar di sebuah TPA/Majelis Ta'lim. Saya mengajar di sebuah TPA sederhana yang bernama Majelis Ta'lim/TPA Amaliyah. Beralamat di Jalan Tomang Raya, RT.5/RW.1, Jatipulo, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Tempat Majelis Ta'lim/TPA Amaliyah didirikan oleh Bapak Tamli. Dengan mencari dana mengumpulkan beras daru warga lalu di jual dan hasil tersebut di belikan bahan material dan yang membangun adalah Bapak Haji Neman.

Di TPA tersebut memiliki tempat tergolong kecil, namun masih memuat para murid untuk berlajar. Fasilitas sendiri masih kurang memadai. Seperti al-Qur'an dan Iqra yang belum mencukupi. Tapi Hal itu tidak membuat para murid malas belajar. 

Pengajar tetap di sana hanya satu orang saja. Bernama ustadz Rusdi, beliau senantiasa memberika ilmunya tanpa memandang golongan masyarakat. Selain itu juga, ada beberapa mahasiswa juga yang sering membantu di sana. Mungkin karena tugas atau alasan lainnya.

Selain belajar membaca Iqra dan al-Qur'an, di sana. Di TPA ini mempelajari cara-cara sholat, kisah-kisah para nabi dan Rasul, sholawat, zikir, dan sebagainya. Para murid sendiri terdiri dari umur 5 tahun hingga yang paling besar sekitar usia sekolah menengah pertama.

Jadwa belajar di TPA tersebut adalah dari Senin hingga Jumat. Untuk hari Sabtu dan Minggu mereka libur karena untuk kebersamaan dengan keluarga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan