Mohon tunggu...
Muahammad Zilbran Ramadhan
Muahammad Zilbran Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa yang senang menulis sebuah cerita dan menggambar komik. Sangat tertarik dengan hal-hal yang berbau fiksi/real-life, seni, sejarah, dan motivasi.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Wajib Tahu! Penyebab dan Cara Mencegah Sindrom "Ramsayhunt"

26 Juni 2022   09:46 Diperbarui: 26 Juni 2022   10:04 59 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Belum lama ini, muncul kabar tentang Sindrom "Ramsayhunt". Kabar ini diketahui karena salah satu penyanyi terkenal di Amerika yaitu Justin Bieber yang tengah mengalami sindrom tersebut.

"Ramsayhunt" adalah sebuah sindrom yang ditemukan pertama kali kira-kira kurang lebih sekitar awal tahun 1900san.
"Sindrom" adalah sekumpulan dari gejala dan "Ramsayhunt" adalah orang yang menemukan sindrom tersebut. Jadi "Sindrom Ramsayhunt" berarti kumpulan dari penyakit si Ramsayhunt ini.

Kumpulan gejala sindrom ini meliputi : nyeri telinga, "phycihal harpes" /infeksi kulit, infeksi pada Sindrom Ramsayhunt ini biasanya pada area bagian dalam atau luar telinga, "Paresis" /hilangnya sebagian gerakan badan atau adanya gangguan gerakan.
Ketiga gejala tersebut adalah kumpulan gejala utama untuk Sindrom Ramsayhunt ini.

Selain ketiga gejala tersebut ada juga beberapa gejala tambahan yang timbul pada penderita Sindrom Ramsayhunt yaitu Vertigo, Vertigo adalah kondisi yang membuat penderitanya mengalami pusing, lalu nyeri kepala dan mual/muntah.

Sindrom Ramsayhunt ini disebabkan oleh virus "Zoster", Virus ini adalah yang menyebabkan cacar. Kasus Sindrom Ramsayhunt ini biasanya menyerang ke persyarafan area wajah dan area telinga.

jika kita sembuh dari sebuah virus, virus itu tidak benar-benar hilang. akan tetapi ia tertidur atau bisa dikatakan hilang sementara dan kemungkinan akan muncul lagi bila kondisi tubuh kita melemah atau kurang asupan untuk meningkatkan "imune"/daya tahan tubuh. Namun virus itu akan muncul lagi dengan gejala yang berbeda, tidak sama seperti sebelumnya dan berpindah ke daerah saraf.

Cara untuk mecegah dan menyembuh- kan ini adalah dengan cara menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil  serta dibantu dengan sebuah anti-virus, obat implasi. Namun seperti yang dikatakan tadi, bahwa sebuah vurus tidak akan benar - benar hilang bila kita sembuhkan. Dia tetap ada di tubuh kita (teridur) dan akan muncul lagi jika kita tidak menjaga daya tahan tubuh dengan baik.

Sindrom Ramsayhunt ini biasanya terjadi pada usia lanjut dan jarang terjadi pada usia muda. Akan tetapi dengan adanya komplikasi antara penyakit lain atau bisa dibilang penyakit tambahan, hal itu membuat semakin sulit untuk membantu menaikkan daya tahan tubuh bahkan menghilangkannya yang memungkinkan akan lebih mudah terserang. Sampai sekarang belum ada data-data yang pasti tentang jumlah orang yang mengalami sindrom ini bahkan yang sampai meninggal.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak terserang oleh virus yang bisa berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Karena itu adalah jalan yang paling cepat agar terhindar dari virus.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan