Mohon tunggu...
Felix Tani
Felix Tani Mohon Tunggu... Lainnya - Sosiolog Pertanian dan Pedesaan

Sedang riset pertanian natural dan menulis novel anarkis "Poltak"

Selanjutnya

Tutup

Humor Pilihan

Misteri Raibnya Si Cupang Biru

27 Agustus 2021   19:56 Diperbarui: 28 Agustus 2021   04:47 127 13 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Misteri Raibnya Si Cupang Biru
Si Cupang Biru semasa hidupnya (Dokpri)

Sudah empat hari terakhir ini Engkong Felix bingung. Tetiba ikan cupang biru piaraannya hilang dari rumah gentongnya. Tanpa bekas, jangan kata pesan. Sebuah misteri.

Dengan hilangnya Si Cupang Biru itu, habis sudah cupang piaraan  Engkong. Dua ekor sebelumnya sudah resmi mati bunuh diri. Lompat tengah malam dari rumah kacanya. Paginya sudah kering di lantai berselimut semut. Tragis.

Semula Engkong mencurigai tikus sebagai pembunuh Si Cupang Biru. Mungkin saja mahluk moncong runcing itu masuk ke taman belakang lewat talang. Lalu terjun ke dalam gentong memangsa cupang.

Untuk membuktikannya, Engkong memasang perangkap. Malam pertama diberi umpan ikan asin.  Gak dapat. Malam kedua ganti umpan pizza. Ini tikus Jakarta, coy. Gak ada juga. Malam ketiga, ganti umpan keju. Siapa tahu tikus bule. Eh, tetap gak ada. 

Kesimpulan, tidak ada bukti kuat tikus sebagai pemangsa Si Cupang Biru. Sangkaan gugur. Penyidikan dihentikan.

Sampai tadi sore, Engkong menguras gentong. Agar tak menjadi sarang Aedes aegypti. Bahaya. Terciumlah bau air yang akrab di masa kecil di kampung.  Air kolam yang meruapkan bau bangkai ikan mati. Itu khas banget

Engkong kini punya kesimpulan. Si Cupang Biru terperangkap di bawah cangkang kerang. Gagal membebaskan diri. Lalu matilah dia di situ. Daging tubuh dan tulangnya yang renik, membusuk lalu larut dalam air. 

Begitulah cara Si Cupang Biru moksa dari gentong kesayangannya. Cangkang kerang hiasan telah menjadi wahana moksa baginya. Positif, misteri terpecahkan,  case closed.

Engkong hanya menggumam, "In memoriam Si Cupang Biru." Tanpa duka, apalagi airmata. Cukup merogoh saku celana. Eh, ada duit Rp 25,000. Bisa beli seekor cupang baru.(eFTe)

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan