Mohon tunggu...
Amin Mungamar
Amin Mungamar Mohon Tunggu...

Guru di SMP N 1 Kaliwungu Kab. Semarang yang juga merangkap sebagai Pemilik dan Pengelola MungBisnis.com Penyedia Jasa Pembuatan Blog Elegant, Keren, dan Murah Sejak Tahun 2009.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Cara Membuat Soal Online di Google Drive dengan Batasan Waktu

14 September 2018   05:56 Diperbarui: 14 September 2018   05:58 0 1 2 Mohon Tunggu...
Cara Membuat Soal Online di Google Drive dengan Batasan Waktu
dokpri

Salah satu fitur keren yang ditujukan untuk dunia pendidikan di Google Drive adalah adanya fitur pembuatan kuis yang bisa di setting pada penggunaan google formulir. Dengan adanya fitur ini tentunya akan sangat membantu Guru-Guru di Dunia dalam melakukan evaluasi materi-materi yang telah disampaikan ke peserta didik. 

Penggunaan Google Formulir yang kemudian difungsikan untuk membuat kuis online atau lebih saya sukai dengan membuat soal online sangatlah mudah, bahkan orang awampun selama mau membaca dan mencoba menu dan fitur-fitur yang ada pada google drive ini saya yakin pasti bisa membuatnya.

Fitur memberi batasan waktu ini sebenarnya memanfaatkan salah satu plugin buatan pihak ketiga, dan plugin ini tersedia dan bisa terintegrasi dengan google formulir tentunya aman tidak menimbulkan masalah-masalah keamanan pada akun google anda. 

Mungkin nantinya anda akan bertanya, "bagaimana cara memberi batasan waktu pengerjaan dengan menampilkan waktu berjalan mundur seperti pada soal online yang dibuat menggunakan aplikasi quiz creator ispring atau wondershare?" akan saya jawab terlebih dulu, bahwa untuk pembuatan soal online dengan memberi batasan waktu pada google formulir ini belum bisa seperti pada pembuatan soal dengan quiz creator, berdoa saja kedepan akan dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pada aplikasi quiz creator.

Pada postingan kali ini, akan saya bahas cara Membuat Soal Online di Google Drive (Google Formulir) dengan memberi batasan waktu;

  1. Login ke drive.google.com, kemudian klik tombol Baru - Lainnya - Google Formulir
    dokpri
    dokpri
  2. Tuliskan judul soal, kemudian dipojok kanan atas, klik SETELAN - klik tab menu KUIS - aktifkan fitur Jadikan ini sebagai kuis.
    dokpri
    dokpri
  3. Ketiklah soal pilihan ganda sesuai dengan kebutuhan Anda, untuk memasukan kunci jawaban dan jumlah skor tiap soal, Anda klik KUNCI JAWABAN,
    dokpri
    dokpri


    Anda bisa tuliskan nilai skor tiap soal, kemudian klik pada opsi pilihan ganda yang menjadi kunci jawaban, sampai tahap ini anda telah selesai membuat soal online dengan google drive,

    dokpri
    dokpri
  4. Untuk memberikan batasan waktu pengerjaan soal, gunakan script yang telah dibuat pihak ketiga dan tersedia di daftar pengaya-nya google,
    dokpri
    dokpri


    Kemudian cari FormLimiter, klik untuk proses instalasi/ pemasangan ke akun google Anda.

    dokpri
    dokpri


    Klik izinkan untuk memasang script ke akun google Anda,
     
    cara%2Bmembuat%2Bsoal%2Bonline%2Bgoogle%2Bformulir-batasan%2Bwaktu-8.jpg
    cara%2Bmembuat%2Bsoal%2Bonline%2Bgoogle%2Bformulir-batasan%2Bwaktu-8.jpg
  5. Setelah selesai proses pemasangan, akan muncul jendela disebelah kanan soal yang berisi pengaturan tanggal dan waktu, silahkan anda atur tanggal dan waktu ditutupnya soal online anda, jangan lupa klik tombol Save and enable.
    dokpri
    dokpri


    Hasil akhirnya, jika soal online sudah berjalan sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka otomatis akan tertutup dengan tampilan pesan seperti berikut:
    dokpri
    dokpri

Demikian Cara Membuat Soal Online di Google Drive dengan Batasan Waktu, semoga bermanfaat untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Bagi anda yang ingin belajar lebih jauh tentang pembuatan soal online yang kemudian diintegrasikan dengan blog guru, anada bisa belajar Tutorial Blogger Lengkap sistematis yang dilengkapi video di blog saya.