Mohon tunggu...
Muhammad Rizqi Prasetyo
Muhammad Rizqi Prasetyo Mohon Tunggu... RAHAYU

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Tak Perlu Khawatir, Begini Kiat Jalani LDR

17 Maret 2021   00:58 Diperbarui: 17 Maret 2021   01:05 152 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tak Perlu Khawatir, Begini Kiat Jalani LDR
hj-story.com

Kita pasti sudah tidak asing dengan istilah LDR alias long distance relationship. Yaitu keadaan dimana kita yang sedang menjalin hubungan akan tetapi dipisahkan dengan jarak yang tak menentu. Yupss benar sekali bagi yang pernah merasakan LDR pasti mengakami banyak masa-masa sulit didalam hubunganya. 

LDR memang sulit untuk dijalani karena terbatasnya waktu bertemu dan sulitnya untuk berkomunikasi. Akan tetapi justru dengan LDR hubungan suatu orang akan menjadi semakin erat dikarenakan pasangan LDR biasanya  memperlihatkan suatu komunikasi yang lebih hangat, misal lebih terbuka dengan keadaan yang dijalani saat ini, menggunakan kata-kata yang so sweet untuk pasanganya. Maka dari itulah hal-hal tersebut dapat mempererat hubungan LDR yang dijalani. 

Saya sendiri juga sedang merasakan betapa sulitnya menjadi pejuang LDR, jadi saya menulis ini berdasarkan pengalaman yang sudah saya alami selama menjadi pejuang LDR.

So untuk mengatasi sulitnya berkomunikasi dengan pasangan yang terpisah oleh jarak dan waktu yaitu memanfaatkan dengan adanya internet. Di zaman sekarang semuanya serba online. Kita dapat memanfaatkan aplikasi pendukung seperti whatsapp dan sebagainya. Internet dan media sosial merupakan penyelamat kita dalam menjalanin hubungan disaat kita berjauhan. 

Saya rasa kedua hal ini adalah faktor yang sangat penting. Dengan whatsapp kita dapat melakukan video call kapanpun dan dimanapun kita mau asalkan ada sinyal yang mendukung. Jika kita menengok ke zaman sebelum adanya internet kita hanya bisa surat menyurat melalui pos dengan waktu yang lama. 

Kita harus bersyukur karena kita hidup dijaman online dimana semua dimudahkan dengan adanya koneksi internet. Namun ada juga hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memanfaatkan sebuah media sosial agar mendukung keberhasilan dalam hubungan LDR dan tidak memicu adanya miss communication diantara kedua belah pihak.

Selain dengan adanya aplikasi internet yang mendukung, kita harus juga harus memperhatikan topik obrolan yang sedang kita sampaikan. 

Sebisa mungkin kita harus membuat topik obrolan yang tidak garing dan hindari pertanyaan yang monoton. Biasanya jika kita terlalu sering memberikan pertanyaan yang monoton kepada pasangan kita, ia akan bosan dengan kita dan kadang-kadang bisa membuat dia tidak mood/ bad mood. 

Kita dapat mengakali hal tersebut dengan cara mengirimkan voice note dan kita juga bisa melakukan videocall di saat rindu yang tak terbendung. 

Kendati demikian memahami satu sama lain juga sama pentingya. Kita tidak bisa memaksa untuk meminta calling dan videocall secara terus menerus. Kita harus ingat dia pasti punya kesibukan lainya selain dirimu. 

Dengan ini kita harus memahami pasangan kita terlebih dahulu, atau lebih baik kita menanyakanya secara langsung agar kita tahu kesibukan apa yang sedang dilakukan oleh pasangan kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x