Mohon tunggu...
M Raka Wijaya
M Raka Wijaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hamba Allah yang tidak berdaya tanpa-Nya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis SWOT: Apa sih Rahasia Aqua Bisa Bertahan 40 Tahun di Indonesia?

29 Desember 2023   23:27 Diperbarui: 29 Desember 2023   23:44 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oke, sebelum kita masuk ke pembahasan, mari kita simak terlebih dahulu latar belakang dari perusahaan Aqua.

  • Latar Belakang Berdirinya Perusahaan
  • Pada tahun 1973, Tirto Utomo, seorang mantan pegawai Pertamina, memiliki ide untuk mendirikan perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia. Ide ini muncul ketika Tirto menjamu tamu-tamu dari luar negeri yang mengeluh tentang kualitas air minum di Indonesia. Tirto menyadari bahwa air minum yang bersih dan berkualitas merupakan kebutuhan yang penting bagi masyarakat, terutama masyarakat perkotaan yang semakin berkembang.
  • Pada tanggal 23 Februari 1973, Tirto Utomo mendirikan PT Golden Mississippi di Bekasi, Jawa Barat. Pabrik pertama Aqua ini memiliki kapasitas produksi 6 juta liter per tahun dan hanya memasarkan produknya kepada kalangan ekspatriat.
  • Latar Belakang Perkembangan Perusahaan
  • Pada tahun 1975, Tirto Utomo mengubah nama perusahaannya menjadi PT Aqua Golden Mississippi. Ia juga mulai memasarkan produk Aqua kepada masyarakat umum. Di awal tahun 1980-an, Aqua mulai menjadi salah satu merek AMDK terkemuka di Indonesia.
  • Pada tahun 1994, Tirto Utomo meninggal dunia. Perusahaan Aqua kemudian diwariskan kepada anak-anaknya. Pada tahun 1998, Aqua bergabung dengan perusahaan minuman dan makanan asal Prancis, Danone.
  • Kerja sama dengan Danone memberikan dampak positif bagi Aqua. Aqua semakin berkembang pesat dan menjadi pemimpin pasar AMDK di Indonesia. Pada tahun 2023, Aqua memiliki kapasitas produksi lebih dari 10 miliar liter per tahun dan memasarkan produknya ke lebih dari 200 kota di Indonesia.
  • Kesimpulan
  • Latar belakang perusahaan Aqua dapat disimpulkan sebagai berikut:

Aqua didirikan oleh Tirto Utomo pada tahun 1973 dengan tujuan untuk menyediakan air minum yang bersih dan berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

Aqua mengalami perkembangan yang pesat hingga menjadi pemimpin pasar AMDK di Indonesia.

Kerja sama dengan Danone memberikan dampak positif bagi Aqua dalam hal pengembangan produk dan ekspansi pasar.

Apa rahasia Aqua sehingga bisa bertahan 40 tahun di Indonesia ya? Mari kita simak penjelesan berikut ini.

Memiliki brand yang kuat dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Kualitas produk yang terjamin dan sesuai dengan standar nasional.

Memiliki jaringan distribusi yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.

Memiliki teknologi produksi yang modern dan terintegrasi.

Memiliki sumber daya manusia yang kompeten dan berpengalaman.

Kelemahan (Weakness)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun