Mohon tunggu...
M Rahmatullah
M Rahmatullah Mohon Tunggu... -

Writing For Change, bermanfaat bagi orang banyak

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

"Plant Vs Zombie", Game Edukatif Ajarkan Cara Kelola Keuangan

5 September 2018   00:05 Diperbarui: 6 September 2018   15:05 991
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto : Plant vs Zombie | Screenshot pribadi

Beberapa hari yang lalu saya bermain game plant versus zombie, bagi kawan-kawan yang belum tahu nih. untuk memenangkan game ini kita harus menjaga zombie agar tidak masuk ke dalam rumah yang menjadi daerah pertahanan kita dengan cara perang melalui tananam dengan berbagai jenis senjata.

Jika tidak bisa membangun daerah pertahanan dengan baik, maka  zombie akan memasuki area rumah dan akan memakan otak. ihhh serem amat yak. 

Kita harus membeli untuk mendapatkan tanaman dengan berbagai jenis senjata, ada tanaman yang bisa menembakkan peluru, ada buah cherry yang langsung meledak seperti bom.

Untuk membeli senjata tersebut tentu butuh dana. Sumber keuangannya dari tanaman bunga matahari pada waktu tertentu tanaman tersebut akan mengeluarkan sesuatu seperti matahari.

Benda yang mirip matahari itu harus kita klik maka secara otomatis akan menjadi poin yang bisa dibelanjakan, baik untuk membeli amunisi tanaman yang bersenjata dan juga bisa untuk membeli tanaman yang menghasilkan sumber pendapatan.

Foto : Plant vs Zombie | Screenshot pribadi
Foto : Plant vs Zombie | Screenshot pribadi
Ketika Saya pertama main game ini, saya menggunakan strategi membeli sedikit bunga matahari dan membeli banyak tanaman yang bisa menembak.

Pada level awal masih bisa menang, namun pada level berikutnya karena tekanan semakin besar dengan jumlah pasukan zombie yang meningkat akhirnya zombie bisa menembus area pertahanan saya dengan masuk ke rumah.

Dengan cara ini saya banyak membangun tanaman yang bisa menembak namun sedikit menanam bunga matahari yang bisa menghasilkan sumber pemasukan maka evaluasinya dari strategi ini saya hanya fokus membangun persenjataan yang kuat namun tidak membangun sumber keuangan yang kuat.

Akhirnya ketika senjata saya banyak dimakan zombie, saya tidak bisa membangun persenjataan yang sebanyak dimakan zombie karena poin atau uang untuk membeli senjata tinggal sedikit. Karena uangnya sedikit terbatas dalam membeli persenjataan maka sistem pertahanan semakin rapuh dan mudah ditembus oleh pasukan zombie.

Setelah saya kalah, kemudian saya menggunakan strategi yang kedua yaitu dengan cara menanam bunga matahari dan tanaman tembak secara seimbang, yaitu dengan jumlah yang sama atau hampir sama.

Diharapkan dari strategi ini akan seimbang antara pemasukan dan pengeluaran untuk membeli amunisi. Dengan strategi ini saya berhasil membangun pertahanan yang solid, meskipun ada beberapa tanaman yang dimakan oleh zombie, saya bisa kembali membangun pertahanan dengan poin/uang yang cukup banyak bisa membeli tanaman setelah dirusak oleh zombie.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun