Mohon tunggu...
Dea moyansafitri
Dea moyansafitri Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hallo nama saya Dea Moyan Safitri Saya berkuliah di univ pamulang dengan prodi Manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pemanfaatan Media Online sebagai Media Promosi di Masa Pandemi

9 Mei 2021   11:14 Diperbarui: 9 Mei 2021   11:20 56 0 0 Mohon Tunggu...

Situasi di masa pandemi saat ini banyak mengubah pola aktifiktas masyarakat  dimana banyak kegiatan yang harus dilakukan dari rumah mulai dari kerja dari rumah, sekolah daring bahkan berbelanjapun dilakukan secara online. Perkembangan iptek yang mumpuni membawa perubahan besar dan inovasi-inovasi baru di masa ini dan kita sebagai masyarakat mau tidak mau harus segera menyesuaikan diri dengan perubahan pola aktifiktas ini secara cepat.

Media online menjadi media yang sangat populer apa lagi di masa pandemi ini, mengapa? karena banyak aktifiktas yang harus dilakukan dari rumah membuat media online menjadi penghubungnya, selain itu media online menjadi media hiburan seperti instagram, youtube, tiktok dan lain-lain.

Tingginya penggunaan media online ini ternyata menjadi peluang bagi para pelaku usaha, mengapa demikian? Fenomena berbelanja online saat pandemi sangat meningkat pesat dengan media promosi Instagram, Youtube, Twitter dan Tik Tok yang saat ini menjadi platfrom hiburan paling sering dikunjungi. Dari platfrom hiburan ini terjadi trend yang disebut " viral " hal ini dapat di manfaatkan sebagai media promosi. Peluang ini jika dimanfaatkan dengan maksimal dapat menaikan omset penjualan.

Lantas bagaimana caranya media online menjadi media promosi?
Promosi melalui media online sendiri berfokus pada penggunaan situs atau aplikasi social networking seperti facebook, instagram, youtube, tiktok dan lain sebagainya. Mengingat platfrom tersebut dapat dikatakan sebagai platfrom paling sering digunakan saat ini dengan jangkauan dan cakupan yang luas. Platfrom media sosialpun telah menyediakan forum iklan berbayar dengan biaya yang dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Selain promosi dengan iklan berbayar, pelaku usaha dapat melakukan promosi dengan melakukan endorsment kepada pemilik akun dengan followers yang tinggi, hal ini dapat dikatakan sebagai cara yang cukup efektif mengingat produk yang dipromosikan akan diriview langsung sehingga dapat meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut worth it untuk dibeli.

Selain itu, konsumen dapat memilih jenis produk yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan dengan melihat riview produk yang diendorskan kepada pemilik akun.

Dea moyan safitri (Mahasiswa S1 manajemen universitas pamulang)

VIDEO PILIHAN