Mohon tunggu...
Momon Sudarma
Momon Sudarma Mohon Tunggu... Guru - Penggiat Geografi Manusia

Tenaga Pendidik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengukur Kesiapan Masa Depan

30 November 2023   04:16 Diperbarui: 30 November 2023   04:23 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: pribadi, image creator, bing.com

Dalam minggu-minggu ini, sejumlah anak sekolahan sedang mengikuti ujian akhir semester.  Oh, iya, ada yang namanya ujian akhir semester, penilaian akhir semester, atau asesmen akhir semester. Ah, itu mah, istilah-istilah formal yang digunakan oleh pemerintah terkait dengan nama  kurikulum yang berlakunya saat itu. Bagi kita, masyarakat umum, biasa menyebutnya ulangan umum. Itu pun, sudah cukup. Istilah itu, menunjukkan proses pengujian serempak semua siswa, satu sekolah dalam waktu yang bersamaan. 

Biasa disebut sedang ulangan umum. Istilah generiknya. Ini adalah istilah umum, yang biasa kita gunakan selama ini.  

Karena sedang menjalani proses ulangan umum itulah, kadang bagi sebagian orang menghadapi situasi ini dengan sangat serius. Serius banget. Misalnya, dengan menggunakan model SKS (sistem kebut semalam), malam harinya belajar serius banget sampai larut malam. Biasanya, orang-orang yang dalam sehari-harinya, kurang melakukan persiapan dengan baik.

Bagi mereka yang sudah terbiasa belajar, rajin mengulang di setiap pelajarannya, di setiap harinya, maka jelang ulangan umum serupa itu, dia santai saja. Malah ada juga yang istirahat dengan nyaman, dengan maksud dan tujuan, supaya besok harinya, dapat dengan  bugar dan segar dalam menghadapi ujian. 

Sekali lagi berbeda dengan yang  pertama tadi. Orang  yang kedua ini, menjalani ujian dengan tenang (malah mungkin senang), sedangkan orang yang pertama menghadapi ujian dengan penuh kekhawatiran dan keraguan. Khawatir hasilnya kurang bagus, dan was-was atas kemampuan dirinya dalam menghadapi ujian saat ini.

Kita tidak akan menjelaskan mengenai bagaimana proses ujian itu dilaksanakan. Biarkan hal itu, menjadi pengalaman hidup kita, yang pernah menjalani proses pendidikan formal di negeri ini. 

Rasanya, siapapun kita, dan sampai jenjang manapun pendidikan kita, pasti sudah pernah mengalami peristiwa seperti itu.  Mengapa ? karena ulangan umum seperti itu, adalah bagian yang formal dan menjadi kebiasaan yang tak terpisahkan dari budaya pendidikan di negeri kita selama ini.

Hal penting yang ingin disampaikan di sini, adalah apa makna dibalik ulangan umum, yang kita jalani selama ini ? apa pelajaran penting yang dapat kita petik terkait dengan pelaksanaan ulangan umum selama ini ?

Satu diantara sekian makna, hikmah atau inspirasi penting, mengenai ulangan umum, saya hanya ingin sampaikan satu poin saja, yakni ulangan umum bukan (hanya) mengukur kemampuan kita dari hasil belajar kemarin, melainkan mengukur kesiapan kita dalam menghadapi  masa depan !

Inilah yang penting kita cermati dengan seksama. Ulangan umum, bukan mengukur hasil belajar kemarin, Betul dengan ulangan umum kita bisa tahu hasil belajar kemarin. tetapi hal penting dari iu semua, bukan untuk  tahu hasil belajar, melainkan untuk mengetahui tingkat kesiapan kita dalam menghadapi hari esok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun