Mohon tunggu...
Moh Shohib hasan 41319310006
Moh Shohib hasan 41319310006 Mohon Tunggu... Teknisi - Teknisi - mahasiswa mercubuana student of mechanical Engineering warung buncit. supporting lecturer Prof. Dr, Apollo, M. Si.Ak Matakuliah Kewirausahaan III

Archery is my hobby

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Proposal Bisnis Strategi Bersaing Umkm Metode The Competitive Advantage Porter

6 Mei 2024   22:01 Diperbarui: 6 Mei 2024   22:04 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PROPOSAL BISNIS STRATEGI BERSAING UMKM METODE THE COMPETITIVE ADVANTAGE PORTER

I. Pendahuluan

UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro , kecil , dan menengah. Dalam pelaksanaannya UMKM ini menerapkan asas kebersamaan , efisiensi , berkelanjutan , keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional . Menurut (Keartono, 2023) , UMKM ialah kegiatan ekonomi dari rakyat yang memiliki kekayaan dengan nilai total maksimal sebesar Rp 2 0 0 . 0 0 0 . 0 0 0 , 0 0 dimana tanah serta bangunan yang digunakan untuk tempat usaha tidak dihitung. Atau mereka memiliki omset penjualan dalam kururn waktu satu tahun paling banyak sebesar Rp 1 . 0 0 0 . 0 0 0 . 0 0 0 , 0 0 dan untuk usaha tersebut milik dari warga negara indonesia (WNI) . 

Untuk mencapai target sebuah UMKM yaitu bisnis yang menguntungkan , diperlukan strategi yang harus sesuai dengan kebutuhan dari bisnis tersebut , salah satu strategi yang dapat digunakan ialah menggunakan strategi dengan metode The Competitive Advantage Porter . 

Strategi ini dapat digunakan pada UmKM karena memiliki beberapa keunggulan , menjrut (Michael, 2019) , keunggulan kompetitif tumbuh secara mendasar dari nilai yang dapat diciptakan perusahaan untuk customer yang dimilikinya yang meiebihi biaya yang dikeluarkan perusahaan atau bisnis untuk menciptakannya.

UMKM dapat mempertahankan keunggulan kompetitifnya jika dalam proses berbisnis , UMKM tersebut dapat bersaing dengan kompetitor yang bermunculan . Keunggulan kompetitif ini biasanya dikaitkan dengan kualitas , lalu identitas , struktur biaya , kemudian SDM , teknologi yang digunakan, serta pelayanan ke pelanggan . 

Dengan epnggunaan metode yang telah ada , salah satunya ialah metode porter , diharapkan suatu zzumkm Dapat menarik lebih banyak pelanggan dan dapat membantu UMKM tersebut membangun bisnis agar dalat terdepan di pasar . 

Berikut ini terdapat beberapa cara yang akan digunakan untuk membentuk dan mengembangan bisnis guna mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar , 

a. Menganalisa daya tarik pada industri sasaran

dalam hal ini suatu UMKM dituntut agar bisnis yang dijalankan dapat menciptakan keunggulan dalam kompetisi dagang , untuk menciptakan strategi yang sukses tersebut , UMKM perlu meneliti secara detail dan menyeluruh pada industri sasaran dan memahami aturan aturan yang berlaku di area tersebut . 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun