Mohon tunggu...
Mohammad Indar Malik Ibrahim
Mohammad Indar Malik Ibrahim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa dan Part-time Blogger

Mahasiswa Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas

Selanjutnya

Tutup

Humor

Tekotok, Channel YouTube Sarkastik Paling Elegan yang Pernah Saya Tonton

6 Desember 2021   01:30 Diperbarui: 6 Desember 2021   01:57 108 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humor. Sumber ilustrasi: PEXELS/Gratisography

Di tengah hiruk pikuk hidup dan gelombang pandemi yang masih belum selesai, terkadang kita tidak menemukan hiburan yang tepat untuk membunuh waktu. Mencari hiburan untuk sekedar merehatkan diri dari WFH berkepanjangan atau memang dasarnya kita beban keluarga sehingga tidak tahu lagi apa yang mau dilakukan dirumah. Dari scrolling instagram, bolak-balik twitter-facebook, sampai memutar video youtube.

Youtube sendiri tidak memberikan banyak hal menarik akhir-akhir ini. Dari youtuber yang drama pamit dari youtube namun balik lagi, “mantan” youtuber didonasi satu milyar , dan semacamnya seolah membuat kita susah mencari tayangan yang berkualitas untuk kali ini.

Namun bukan berarti tayangan tersebut tidak ada. Banyak sebenarnya channel produktif seperti TedEd, ASAP Science, dan semacamnya atau versi indonesianya seperti kokbisa, hujan tanda tanya, dan semacamnya juga. Namun namanya platform hiburan yang mana jika kita membukanya kita bertujuan untuk mencari hiburan didalamnya, bukan menambah berat beban kepala lagi. Nah ditenngah kondisi itu, saya menemukan channel bagus. Namanya tekotok.

Tekotok sendiri adalah channel animasi yang bersifat seperti video pendek zaman instagram tahun 2018-an atau Video meme yang dulu booming di facebook era tahun 2012-an. Pada awalnya saya berpikir ini sama seperti kowardan atau vernalta yang sebelumnya sudah mendapat nama di masyarakat serta building characternya yang baik seperti martin dan tutu. Namun channel tekotok yang samasekali tidak ada usaha untuk menempatkan satu karakter khusus seperti vernalta memiliki poin plus sendiri dimata aku.

Karakter yang menyebalkan

Pandji Pragiwaksono pernah bilang bahwa membangun atau menjadi seorang komedian dan pelawak terbaik adalah dengan menjadikan diri sendiri atau memiliki karakter yang sangat menyebalkan. Tekotok tahu akan hal itu sehingga ia membangun karakter-karakter pada animasinya menjadi sangat menyebalkan. Baik itu dari bagaimana ia menanggapi lawan karakternya, cara karakternya berbicara, serta perlakuan dan bahasanya yang biasa dipakai oleh anak muda zaman sekarang. Dimana ketiga perpaduan ini membangun karakter dari gambar animasi tekotok menjadi sangat menyebalkan dan tidak nanggung.

Sarat akan kritik

Tekotok sering menyelipkan kritik dalam setiap isi videonya. Kritik ini ada yang bersifat langsung dan ada yang terselip dalam satire dan sarkasme yang ditampilkan dalam videonya. Kritik dalam video tekotok tidak pandang bulu. Hampir semua aspek dalam kehidupan sehari-hari masuk dan jadi bahan kritikan dari kreator tersebut baik itu kelakuan kita setiap hari, kelakuan dan kebiasaan masyarakat kita, orang-orang yang mendadak tenar, sampai kepada pemerintah serta beberapa kebijakannya.

Ending yang pecah

Saya mengakui sebagai salah satu orang yang sering membuat cerpen atau cerita pada suatu buku bahwa menghadirkan ending yang menarik jauh lebih susah daripada membuat keseluruhan cerita. Karena hal yang paling diingat dari pembaca atau penonton adalah opening dan ending dari suatu cerita. Opening adalah gerbang kunci apakah karya kamu bakal lanjut dibaca oleh pembacamu atau tidak dan ending memberikan kesan terakhir kepada membaca dan membuat pembaca akan penasaran dan mengenang terus akan karyamu.

Di dalam pembawaan video tekotok, kreator selalu memberikan ending yang tidak tertebak sebelumnya. Seperti video saat malaikat pencatat amal mencatat wakil rakyat yang berbohong dalam janji kampanye. Mungkin beberapa dari kita akan menebak bahwa kalimat bohong yang telah dicatat oleh malaikat akan tidak jadi dicatat karena wakil rakyat tadi berkata bahwa semua perkataan itu adalah kebohongan. Seandainya kreator cukup memasang muka kesal dari malaikat tersebut, itu sudah cukup pecah. Namun dengan building characternya kreator, kreator membuat marah dari malaikat tersebut dan dengan logat yang lucu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humor Selengkapnya
Lihat Humor Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan