Mohon tunggu...
Mohammad Hisar Silalahi
Mohammad Hisar Silalahi Mohon Tunggu... Mantan buruh

Pernah gemar menulis. Kini punya obsesi ingin menulis lagi.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Loetoeng Kasaroeng", Film Pertama Indonesia Tahun 1926

26 Agustus 2019   06:00 Diperbarui: 26 Agustus 2019   12:36 0 4 2 Mohon Tunggu...
"Loetoeng Kasaroeng", Film Pertama Indonesia Tahun 1926
Sumber: Java film company

     

Jauh sebelum merdeka, Indonesia ternyata sudah mulai membuat film meski pun masih disutradarai oleh orang Belanda

Loetoeng Kasaroeng ( baca : Lutung Kasarung) adalah film pertama Indonesia.yang diproduksi tahun 1926 oleh NV Java Film Company. Masih berbentuk film bisu, dan warnanya pun baru hanya hitam -putih.

Disutradarai oleh dua orang  Belanda, G. Kruger dan L. Heuveldorp namun sudah dibintangi oleh aktor-aktris pribumi. Ada yang mengatakan, para pemeran film ini dipilih dari golongan priayi yang berpendidikan. 

Yang jelas, anak-anak Aria Wiranatakusumah V (Bupati Bandung saat itu) turut membintangi. Pembuatan film ini memang didukung penuh oleh sang bupati, termasuk dukungan keuangan demi suksesnya film ini. 

Selain bupati, dukungan juga diberikan oleh militer Belanda, antara lain dengan meminjamkan lampu sorot besar serta mobil untuk keperluan transportasi. 

Lokasi shooting konon banyak mengambil tempat di daerah Padalarang. Dan tak salah lagi, pemutaran perdananya pun berlangsung di Bandung dari tanggal 31 Desember 1926 hingga 6 Januari 1927 di dua bioskop terkenal masa itu yakni bioskop Metropole dan bioskop Majestic. Pemutaran perdana tersebut dianggap sukses.

Film Loetoeng Kasaroeng adalah cerita rakyat daerah Sunda yang berarti Lutung Yang Tersesat. Cerita pantun yang dengan tokoh utama seekor lutung tersebut memang sedang popular di kalangan masyarakat Sunda kala itu.

Lutung sendiri adalah sejenis monyet berwarna hitam atau kuning keemasan, dan berekor panjang dengan habitat di kawasan Asia Tenggara.

Film Loetoeng Kasaroeng berkisah tentang perjalanan Sanghyang Guruminda dari Kahyangan yang diturunkan ke Buana Panca Tengah ( Bumi ) dalam wujud seekor lutung. Dalam perjalanannnya di bumi, Loetoeng bertemu dengan putri Purbasari Ayuwangi yang diusir oleh saudaranya yang pendengki, Purbararang.

Loetoeng Kasaroeng adalah seekor mahluk yang buruk rupa. Namun pada akhirnya ia berubah menjadi seorang pangeran yang kemudian mengawini Purbasari. Selanjutnya mereka memerintah Kerajaan Pasir Batang dan Kerajaan Cupu Mandala Ayu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
KONTEN MENARIK LAINNYA
x