Mohon tunggu...
Mohammad Hairil Anwar
Mohammad Hairil Anwar Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru Sejarah di SMAN 1 Sumenep

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Garam dan Perkembangan Kemaritiman di Madura

3 November 2022   02:13 Diperbarui: 3 November 2022   02:17 213
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh: Mohammad Hairil Anwar

Guru Sejarah SMAN 1 Sumenep / TACB Kabupaten Sumenep

Dipublikasikan Pada Simposium Mencari Fakta Berdirinya PT. Garam

Sumenep, 20 Oktober 2022

Ditemukannya garam membawa dampak bagi perkembangan peradaban manusia di dunia. Garam kemudia menjadi sesuatu barang yang istimewa dikarenakan keberadaan yang multi fungsional. Garam yang semula berkaitan dengan bumbu penyedap makanan kemudian mengalami perkembangan pada fungsinya sebagai pengawet makanan, kepentingan militer dan bahkan garam juga berfungsi sebagai alat pembayaran upah pekerja.

Bagi sebagian orang, mungkin pembahasan sejarah garam kuranglah menarik karena keberadaan yang kini sangat mudah ditemui dan harganya pun sangatlah terjangkau. 

Namun bagi beberapa orang yang tertarik dengan kesejarahan, mempelajari tentang sejarah garam tentu memiliki daya tarik tersendiri. Pada konteks penelitian sejarah, garam bisa ditelisik dari berbagai pengaruh atau dampaknya, perkembangan teknik pembuatannya, atau bahkan asal-usul pembuatan garam itu sendiri.

Sejarah Singkat Garam di China.

Berdasarkan beberapa sumber sejarah yang ada, kita akan mendapatkan informasi bahwa garam diperkirakan ditemukan pertama kali di Danau Yungchen, China pada kisaran 800 SM. Bangsa China memang mengenal garam sejak kisaran 800 SM tepatnya sejak masa pemerintahan Dinasti Xia. Teknik pembuatan garam bagi masyarakat China tentu saja menarik untuk kita pelajari karena teknik pembuatannya yang unik

Air laut atau air danau yang ada direbus sehingga menyisakan krsital-kristal garam. Rebusan air danau yang sudah asin memang sengaja dibuat untuk menyusut, karena dari hasil pemanasan selama rebusan inilah kemudian akan tercipta kristal-kristal garam. Orang-orang memasukkan air kedalam bejana tanah liat untuk kemudian dipanaskan hingga mencapai titik didih tertentu. ( https://historia.id/ekonomi/articles/sejarah-asinnya-garam-6mn0D/ ).

Sejarah Singkat Garam di Mesir

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun