Social media monetering adalah sebuah alat untuk mencegah terjadinya hal negative mengenai opini pengguna terhadap tokoh organisasi dan merek dengan cara menarik data yang didapat dari semua social media lalu diolah menjadi data yang akurat sehingga dapat dijadikan landasan untuk menentukan tindakan yang tepat  terhadap isu atau opini yang ada, selain itu social media moneterig dapat melakukan beberapa analisia diantaranya :
- Brand sentiment
Brand sentiment adalah memberi laporan komprehesif mengenai gambar produk dimata konsumen dimana gambaran tersebut misa menjadi hal yang positif atau negative.
- Competitor analysis
Melihat campaing iklan yang menarik buat apakah memiliki respon yang baik atau buruk secara realtime
- Consumen insight dan respons
Menganalisa konsep iklan guna mendorong keefektivitasan iklan terhadap produk
- Share of voice dan buzz social
Menghitung jumlah pembicara ketika kita melakukan kampanye di internet apakah meningkat positif atau negative
Evaluasi adalah sebuah usulan yang dilakukan setelah proses social media monetering dilakukan dengan mengetahui apakah konsumen memberikan penilaian positif atau negative melalui media social yang sedang trenn disaat ini, evaluasi juga dapat dikatakn pembunuh sebuah produk yang sudah terlanjur beredat di masyarakat dengan menambah inovasi yang baru yang lebih baik dan termutakhir yang kemudian mampu bermanfaat bagi konsumen sepenuhnya.
Dan ketika sebuah perusahaan sudan melakukan social media monitoring namun tidak melakukan evaluasi terhadap perusahaan brarti proses social media monetering akan sangat tidak berguna dilakukan karena monitoring dan evaluasi mempunyai keterkaitan yang sangat penting guna memajukan sebuah perusahaan. Dan sebaliknya evaluasi juga tidak akan bias dilakukan jika sebuah perusahaan tidak melakukan social media monitoring, jadi bias dikatakan social media monitoring dan evaluasi adalah nyawa sebuah perusahaan yang dapat memajukan perusahaan tersebut menjadi berkembang pesat dan jika tidak ada social media monitoring dan evalasi perusahaan akan mengalami kemunduran
Sosial Media Monitoring adalah sebuah metode analisa untuk melihat berbagai macam respon atau opini pengguna terhadap tokoh, organisasi dan merek, dengan menarik data yang didapat dari semua jenis Social Media. Serta evaluasi adalah sebuah analisa yang dilakukan untuk memperbaiki sosial media monitoring yang telah dilakukan.
Social media monitoring juga dapat digunakan untuk sempel sebuh perusahaan untuk evaluasi yang diambil dari sebuah media soial sperti facebook twitter instagram dan media social lainnya yang sedang tren
Social mitoring juga dapat mengkaji kegiatan kegiatan  yang dilaksanakan apakah sudah sesuai dengan rncana yang dilakukan sebuah perusahaan
Social media monitoring juga dapat mengidentifikasi masalah yang timbul di sebuah perusahaan agar dapat diatasi atu diselesaika