Mohon tunggu...
Mohamad Gozali
Mohamad Gozali Mohon Tunggu... Guru - Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah

Di dalam sejuta wajah, terpikat keunikan luar biasa. https://bangsaremukan.blogspot.com https://antiquecarcorner.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Perbedaan Cara Pendekatan Pendidikan Dulu dan Kini

1 Februari 2024   08:52 Diperbarui: 1 Februari 2024   08:53 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: kreasi AI pribadi

Kita semua sepakat bahwa pendidikan adalah fondasi utama bagi kemajuan sebuah bangsa. Namun, dalam menyampaikan ilmu dan nilai-nilai, pendekatan pendidikan telah mengalami evolusi yang signifikan dari zaman dulu hingga kini.

Pada masa lampau, ketika kita membuka lembaran sejarah pendidikan, kita akan menemukan nuansa yang berbeda dalam cara pendekatan terhadap siswa. Di era tersebut, pendidikan lebih terfokus pada pembelajaran yang terpusat pada guru, dengan penekanan pada hafalan dan pengulangan materi.

Namun, seiring bergulirnya waktu dan dinamika zaman, pendekatan pendidikan pun berubah. Kita masuki era di mana pendidikan bukan lagi sekadar tentang mengisi wadah, tetapi juga tentang menyalakan api pengetahuan di dalam diri siswa.

Pendekatan pendidikan saat ini lebih mengutamakan interaksi antara guru dan siswa, di mana guru berperan sebagai fasilitator pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dan berpikir kritis. Berbeda dengan pendekatan tradisional, di mana pendidikan seringkali bersifat otoriter, pendekatan pendidikan masa kini mementingkan pemberdayaan siswa dan pengembangan keterampilan mereka.

Dulu, penekanan pada hafalan dan kurikulum yang kaku menjadi ciri khas pendidikan. Namun, kini, pendekatan pendidikan lebih mengedepankan aspek pembelajaran kontekstual, di mana siswa diajak untuk memahami relevansi materi yang dipelajari dengan dunia nyata.

Tak hanya itu, perubahan zaman juga mempengaruhi perangkat pendidikan. Jika dulu buku teks dan papan tulis menjadi sarana utama dalam proses belajar-mengajar, kini kita memasuki era digital di mana teknologi menjadi bagian tak terpisahkan dari proses pendidikan. Perangkat seperti laptop, tablet, dan internet memperluas akses siswa terhadap informasi dan membuka pintu menuju pembelajaran yang lebih dinamis dan interaktif.

Namun demikian, meskipun terdapat perbedaan yang mencolok dalam cara pendekatan pendidikan dulu dan kini, nilai-nilai fundamental dalam proses pembelajaran tetap sama. Kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan kerja keras tetap menjadi landasan yang tak tergoyahkan dalam mendidik generasi penerus.

Sebagai masyarakat yang terus berkembang, penting bagi kita untuk terus mengikuti perkembangan dalam dunia pendidikan. Dengan memahami perbedaan cara pendekatan pendidikan dulu dan kini, kita dapat terus mengembangkan metode yang lebih efektif untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan masa depan.

Mari kita bersama-sama menjadikan pendidikan sebagai panggung untuk membentuk karakter dan potensi maksimal anak-anak kita. Karena, pada akhirnya, investasi terbesar kita adalah pada masa depan bangsa melalui pendidikan yang berkualitas.

Mari kita semua untuk terus berkomitmen dalam mendukung perubahan positif dalam dunia pendidikan. Bersama, mari kita bangun generasi yang cerdas, kreatif, dan berintegritas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun