Mohon tunggu...
Mohamad Gozali
Mohamad Gozali Mohon Tunggu... Guru - Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah

Di dalam sejuta wajah, terpikat keunikan luar biasa. https://bangsaremukan.blogspot.com https://antiquecarcorner.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Keberlanjutan Tulisan Tangan dalam Dunia Pendidikan Indonesia di Era Digital

8 Januari 2024   11:27 Diperbarui: 8 Januari 2024   12:04 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: AI Cereator colection


Zaman sekarang telah diwarnai dengan kemajuan teknologi, di mana digitalisasi telah merambah ke berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan

Saat ini, banyak siswa dan guru menggunakan perangkat digital untuk belajar dan mengajar. Namun, pertanyaannya, apakah tulisan tangan masih relevan dalam konteks pendidikan di Indonesia?

Kelebihan Tulisan Tangan:
Tulisan tangan memiliki nilai-nilai positif yang tak tergantikan. Menulis dengan tangan dapat membantu perkembangan otak, memperkuat koneksi antara ide dan tindakan fisik. Selain itu, proses menulis tangan dapat membantu siswa memahami dan mengingat informasi lebih baik daripada mengetik.

Pentingnya Keberlanjutan Tulisan Tangan:
Meskipun zaman semakin canggih, keberlanjutan tulisan tangan masih penting dalam dunia pendidikan Indonesia. Beberapa alasan termasuk:

1. Keterampilan Motorik Halus:

 Menulis dengan tangan membantu meningkatkan keterampilan motorik halus, yang penting untuk perkembangan anak-anak,      terutama di tingkat sekolah dasar.

Menulis dengan tangan bukan hanya sekadar aktivitas rutin, tetapi juga merupakan suatu kegiatan yang berperan penting dalam pengembangan keterampilan motorik halus pada anak-anak, khususnya pada tingkat sekolah dasar. Proses menulis memerlukan koordinasi yang cermat antara mata, tangan, dan otak, sehingga setiap gerakan pena atau pensil membantu melatih dan meningkatkan keakuratan gerakan tangan serta koordinasi mata tangan.

Pentingnya keterampilan motorik halus dalam konteks ini terletak pada kemampuannya untuk memengaruhi perkembangan kognitif dan akademis anak-anak. Dengan menulis secara manual, anak-anak tidak hanya belajar mengontrol gerakan tangan mereka dengan lebih presisi, tetapi juga mengasah kemampuan mereka dalam memahami konsep spasial dan koordinasi visual-motor. Ini menjadi dasar yang esensial untuk keterampilan akademis yang lebih kompleks di masa depan, seperti membaca, mengeja, dan menyelesaikan tugas-tugas tulis.

Selain itu, kegiatan menulis dengan tangan juga memiliki dampak positif terhadap perkembangan otak anak. Proses pengambilan keputusan, perencanaan, dan eksekusi yang terlibat dalam menulis secara manual dapat merangsang berbagai area otak, mempromosikan pengembangan fungsi kognitif yang lebih baik. Oleh karena itu, memupuk kebiasaan menulis dengan tangan pada usia dini dapat memberikan dasar yang kokoh untuk kemampuan belajar dan berpikir kreatif anak-anak di masa depan.

Dalam konteks pendidikan, guru seringkali mendorong anak-anak untuk mengembangkan keterampilan menulis mereka melalui latihan menulis tangan. Hal ini tidak hanya memberikan manfaat fisik dan kognitif, tetapi juga menciptakan keintiman antara pikiran dan kertas, memungkinkan anak-anak untuk menyampaikan ide-ide dan ekspresi pribadi mereka dengan cara yang unik. Oleh karena itu, menulis dengan tangan di tingkat sekolah dasar bukan hanya sebuah keterampilan dasar, tetapi juga merupakan langkah awal yang penting dalam pembentukan dasar akademis dan kreatif anak-anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun