Mohon tunggu...
Moh Imron
Moh Imron Mohon Tunggu... Imron

Mahasiswa IAIN KUDUS Jawa Tengah, Anak Rumahan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter Sejak Dini di Lingkungan Keluarga dalam Perspektif Tafsir Tarbawi

3 Januari 2019   03:01 Diperbarui: 3 Januari 2019   03:43 0 2 0 Mohon Tunggu...
Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter Sejak Dini di Lingkungan Keluarga dalam Perspektif Tafsir Tarbawi
Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Dini (Sumber dari : Paud Jateng)

Pendidikan Karakter merupakan suatu langakah maju guna mencerdaskan peserta didik dan juga menanamkan tingkah laku, adab yang baik. Jadi peserta didik disamping mempunyai kecerdasan juga mempunyai tingkah lagu karakter yang baik.

Pendidikan karakter penting diajarkan kepada setiap individu untuk menuju generasi emas 2045. Kita bisa membayangkan begitu pesatnya pengaruh teknologi digital pada masa nanti kompetensi dan keterampilan tidak lengkap jika tidak diimbangi dengan karakter yang baik. 

Pendidikan salah satu solusinya pendidikan karakter perlu diajarkan dan ditanamkan sejak dini oleh semua orang tua terhadap anak-anaknya di dalam lingkungan keluarga. Pada hakikatnya orang tua adalah kunci utama dalam mendidik dan mengasuh anak anaknya.

Pendidikan karakter penting diajarkan di manapun yang dapat dimulai dari lingkungan keluarga. Menurut pendapat Kamisa, karakter merupakan sifat kejiwaan, alat serta budi pekerti yang dimiliki oleh seseorang yang membuatnya berbeda dibandingkan dengan orang lainnya. Berkarakter juga dapat diartikan sebagai memiliki sebuah watak atau kepribadian.

Sejalan dengan pendapat tersebut, Doni Kusuma (2007:80) karakter adalah sebuah gaya, sifat, ciri, maupun karakteristik yang dimiliki seseorang yang berasal dari pembentukan atau tempaan yang didapatkan melalui lingkungan yang ada disekitarnya. 

Berdasarkan pendapat ahli di atas, penulis mendefinisikan bahwa karakter adalah sifat atau akhlak yang dimiliki setiap individu, yang terbentuk karena pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan oleh semua anggota keluarga di dalam keluarga dan di lingkungan sekitarnya.

Untuk menuju peserta didik yang berkarakter tentunya kita harus menyiapkan pendidikan karakter sebaik mungkin untuk mereka. Menurut pendapat Rahardjo (2010:16) pendapat karakter adalah suatu proses pendidikan yang holistik yang menghubungkan dimensi moral dengan rumah sosial dalam kehidupan peserta didik sebagai fondasi bagi terbentuknya generasi yang berkualitas yang mampu hidup mandiri dan memiliki prinsip suatu kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan. 

Sedangkan menurut pendapat Prasetyo dan Rifa Syinta (2013:30) pendidikan karakter sebagai suatu sistem penenaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran, atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nila-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia. 

Berdasarkan dua pendapat ahli di atas penulis mendefinisikan bahwa pendidikan karakter adalah sebuah proses pembelajaran nilai-nilai moral kehidupan yang dimulai dari diri sendiri sebagai fondasi bagi seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya.

Peran Keluarga Dalam menanamkan Pendidikan Karakter Usia Dini (Sumber Dari: gomuslim.co.id)
Peran Keluarga Dalam menanamkan Pendidikan Karakter Usia Dini (Sumber Dari: gomuslim.co.id)
Peran serta orang tua dan semua anggota keluarga dirumah sangat penting sekali untuk membentuk karakter yang baik sejak dini. Keluarga adalah sebagai tempat pembentukan karakter masing-masing anggotanya, terkhusus bagi anak-anak yang masih memerlukan bimbingan dan pengasuhan orang tuanya. 

Karakter yang terbentuk di lingkungan keluarga dapat terbawa ke lingkungan sekolah dan masyarakat. Jadi, sikap dan perilaku keseharian keluarga di rumah dapat memengaruhi karakter anggota keluarga lainnya di posisi mana ia berada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN