Mohon tunggu...
Moch Taufiq Zulmanarif
Moch Taufiq Zulmanarif Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer Mojokerto

Content writer Mojokerto | Kompasianer Malang | Social Media Anthusiast | Agriculture Fresh Graduate | One piece lover ⛵

Selanjutnya

Tutup

Games Pilihan

Membanggakan! Timnas Indonesia efootball Juara di Turnamen Perdana AFC eAsian Cup 2024

6 Februari 2024   01:13 Diperbarui: 6 Februari 2024   02:11 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto kemenangan Indonesia sumber twitter @TimnasIndonesia

Berita menggembirakan datang dari dunia e-sport Indonesia. Rizky Faidan, Akbar Paudie, dan Elga Cahya yang mewakili eTimnas Indonesia berhasil membawa pulang piala perdana AFC eAsian Cup 2024 Selasa (06/02/2024) Pagi WIB.

Indonesia mengalahkan Jepang di pertandingan final dengan bersusah payah. Leg pertama skor imbang 1-1 dan mengharuskan adanya adu tos-tosan pinalti yang berhasil dimenangkan tim Indonesia dengan skor 3-2. Leg kedua pun tak kalah sengit, beberapa kali Jepang membuat peluang yang bisa menghasilkan gol.

Namun, kekompakan Rizky Faidan dan Elga Cahya berhasil menahan hingga waktu normal berjalan dengan skor sementara 0-0. Skor imbang mengharuskan adanya tambahan waktu 2x15 menit yang tak disia-siakan oleh eTimnas dengan menyarangkan 1 gol di 15 menit awal. 1 gol yang berharga mengantarkan Indonesia menjadi juara perdana turnamen AFC eAsian Cup 2024.

Momen tegang adu pinalti di leg pertama sumber twitter @indostransfer
Momen tegang adu pinalti di leg pertama sumber twitter @indostransfer

Perjuangan Indonesia dimulai di fase grup dengan membabat habis Vietnam dan Jepang dan menjadi juara grup D. Korea Selatan menjadi penantang di babak 16 besar, akan tetapi Indonesia berhasil menumbangkan meski sampai agak alot di leg pertama. 

Babak 8 besar Indonesia mencukur habis Uni Emirat Arab (UEA) 12 gol total dari dua leg berjalan. Kemenangan melawan UEA, mengantarkan Indonesia ke babak semifinal lawan Thailand. Timnas efootball Indonesia sempat kesulitan melawan Thailand di leg pertama, akan tetapi bisa mengamankan satu tempat di final dengan kemenangan tipis 1-0 di leg pertama dan 2-1 di leg kedua.

Perjalanan yang luar biasa di turnamen perdana. Kesiapan mental, fisik sudah jauh-jauh hari dipersiapkan timnas efootball dengan berangkat lebih dahulu di Qatar. Catatan sejarah ditorehkan dengan menjadi juara pertama turnamen AFC eAsian Cup. Harapan dan secercah peluang untuk pembinaan dan turnamen regular harus terus dilaksanakan agar regenerasi berjalan dengan baik.

Angkat topi untuk Indonesian Football e-League (Ifel) yang menjadi turnamen dan impian para anak-anak muda yang sedang merintis dan mencoba peruntungan di dunia eFootball. 

Semoga langkah manis eTimnas Indonesia bisa diikuti oleh Timnas Indonesia u-23 yang juga akan bermain. Selamat untuk timnas Indonesia, Akhirnya kita bisa ada kebangggan melawan tim besar di Asia. Tanpa harus menggunakan celetukan kita balas di Liga Dangdut Asia.

Menarik menunggu kiprah eTimnas selanjutnya, semoga kegemilangan timnas Indonesia virtual membangkitkan semangat juang timnas di dunia nyata. Tak lupa, ada peran Shin Tae Yong yang membawa timnas Indonesia lolos kualifikasi AFC Cup 2024. Lolosnya Indonesia di AFC Cup  memberikan jatah untuk tim Efootball berlaga di AFC eAsian Cup perdana.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun