Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Main di Solo, Timnas Indonesia U-16 Berpeluang Juara AFF

21 Juni 2024   06:22 Diperbarui: 21 Juni 2024   22:06 420
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas Indonesia U-16|dok. PSSI.org, dimuat tribunnews.com

Timnas Indonesia Senior baru saja mencetak sejarah, dengan menembus ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia jadi satu-satunya dari Asia Tenggara yang melaju.

Sebelum itu, Timnas Indonesia U-23 juga mencetak sejarah, berhasil menjadi semifinalis Piala Asia U-23, dan bahkan hampir tembus masuk Olimpiade Paris 2024.

Nah, sekarang perhatian para pendukung timnas Indonesia akan terfokus ke Solo, Jawa Tengah. Mulai hari ini, Solo menjadi tuan rumah turnamen Piala AFF U 16.

Pesertanya adalah seluruh negara Asia Tenggara plus Australia. Negara Kanguru ini dalam sepak bola memang sudah masuk Zona Asia, dari sebelumnya bergabung ke Zona Oceania.

Indonesia tergabung dalam Grup A bersama dengan tiga negara lainnya, yakni Laos, Filipina, dan Singapura.

Jika Indonesia tampil sebagai juara grup atau menjadi runner up terbaik dari 3 grup yang ada, akan melaju ke babak semi final dengan memakai sistem gugur.

Perlu diingat, Indonesia berstatus sebagai juara bertahan. Pada AFF edisi sebelumnya yang Indonesia juga jadi tuan rumah, Indonesia menjadi juara setelah mengandaskan Vietnam di laga final.

Makanya, Indonesia kali ini diunggulkan menjadi juara grup A. Demikian juga dengan Vietnam di gup B, karena berada di grup yang relatif ringan.

Adapun grup C menjadi grup neraka, karena ada 3 negara kuat, yakni Australia, Thailand, dan Malaysia, yang saling berebut posisi puncak.

Nah, jika Indonesia maju ke semifinal, baru akan bertemu dengan tim kuat. Di sinilah akan diuji, mampukah tim yang dilatih Nova Arianto mempertahankan trofi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun