Mohon tunggu...
MOCH. MARSA
MOCH. MARSA Mohon Tunggu... Seorang anak yang terlahir sebagai kado terindah bagi ulangtahun ke-23 Ibundanya | Instagram: mochmarsa_t | https://www.mochmarsa.com

Instagram: mochmarsa_t | www.mochmarsa.com

Selanjutnya

Tutup

Travel

Harus Cek Ini Sebelum Bepergian Saat Liburan

1 Juli 2019   13:51 Diperbarui: 1 Juli 2019   14:07 42 1 0 Mohon Tunggu...
Harus Cek Ini Sebelum Bepergian Saat Liburan
Sumber: duitologi.com

Setelah dibikin pusing dengan sistem zonasi, sayang jika tidak menghabiskan sisa liburan untuk jalan-jalan. Menghabiskan waktu bersama keluarga sebelum masuk sekolah di tempat wisata menjadi pilihan terbaik. Walaupun perjalanan saat liburan tak se-ribet mudik, ada baiknya kita tetap mempersiapkan semuanya, agar liburan kita menjadi tenang dan menyenangkan.

Berikut beberapa tips bagi kalian yang hendak bepergian saat liburan:

Rumah, dan kesiapan kendaraan wajib dicek!

Pemerintah sebenarnya sudah hadir untuk membuat perjalanan lebih aman, dan selamat sampai tujuan, dengan mendorong para pemudik untuk bijak dalam memilih moda transportasi pilihan termasuk menyiapkan segala persiapan mudik yang wajib dilakukan. Tak sedikit memilih moda transportasi yang sama seperti keluarga saya, yakni moda transportasi darat, disamping laut dan udara. Banyak pertimbangan yang menjadikan moda transportasi darat menjadi alternatif pilihan, selain lebih ekonomis, ataupun petimbangan wilayah yang hanya bisa dilalui dengan menggunakan moda transportasi darat.

Sejak lama keluarga saya memilih mobil sebagai pilihan utama transportasi darat untuk mudik. Pertimbangannya, selain bisa menampung jumlah keluarga yang banyak, sekaligus bisa berekreasi bersama tanpa perlu berpindah dan mencari kendaraan lain seperti halnya bila menggunakan kendaraan umum. Namun satu hal yang tak boleh terlewatkan bila menggunakan kendaraan pribadi adalah kita perlu mengecek segala hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah mengecek kondisi dan kesiapan kendaraan. Kondisi dan kesiapan kendaraan menjadi faktor terpenting dan paling berpengaruh terhadap keselamatan kita dan keluarga, untuk mobil sendiri usahakan kita telah mengecek dengan baik mulai dari mesin, rem, oli, air bag, roda, termasuk surat-surat berkendara.

Setelah kendaraan telah siap dan 'lulus' cek, selanjutnya adalah mengecek rumah. Jangan sampai ada kompor yang masih menyala, alat penanak nasi yang menyala, atapun alat elektronik lainnya. Jangan lupa juga untuk berpamitan dengan tetangga dan menitipkan nomor handphone yang dapat dihubungi jika sewaktu-waktu ada apa-apa dengan rumah kalian.

Cek bekal makanan, minuman, dan obat-obatan ringan untuk perjalanan

Seperti yang telah saya ceritakan di atas, macet dan segala 'drama' di jalanan adalah hal yang tak dapat dihindari. Kita tak dapat menghindari atapun kebal dari rasa lapar di tengah perjalanan. Untuk menghalau rasa lapar umumnya di tengah perjalanan beristirahat di tempat makan. Tapi masalahnya, di sepanjang ratusan kilometer yang kita lalui saat mudik tidak selalu ada tempat makan, apalagi di saat malam hari.

Maka membawa makanan dan minuman yang cukup menjadi alternatif atau bahkan menjadi hal yang paling penting dalam perjalanan, apalagi bila track yang dilalui seperti melewati pegunungan yang jarang sekali terdapat warung untuk mengganjal perut yang kelaparan akibat macet yang panjang. Selain juga untuk berhemat, keterjagaan higienis juga terjamin. Meskipun di kanan kiri jalan terdapat warung yang dapat sewaktu-waktu disinggahi bila perut terasa lapar, tetap saja hal itu akan sulit dilakukan bila dalam keadaan macet seperti ini. Tidak logis bila kita harus menepi untuk mampir makan dan minum, karena selain waktu yang akan terbuang kita mungkin akan semakin menemukan rangkaian macet yang lebih panjang setelahnya.

Namun liburan saya kali ini berbeda dari biasanya, karena sesuatu hal dan juga kolaborasi antara kesibukan Ayah dan Ibu, liburan kali ini saya dan keluarga tak sempat lagi untuk menyiapkan bekal makanan dari rumah seperti sebelum-sebelumnya. Maka solusi terakhir untuk menghindari kemungkinan buruk yang akan dialami perut ketika macet adalah mengunjungi mini market dekat rumah kami untuk sekedar membeli makanan ringan, roti, dan air putih sebelum berangkat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN