MOCH. MARSA
MOCH. MARSA Mahasiswa

You must read: www.mochmarsa.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Karya Impian Mahasiswa Super Sibuk

13 Januari 2018   21:10 Diperbarui: 13 Januari 2018   21:34 1181 7 7
Karya Impian Mahasiswa Super Sibuk
online-classes-5a5a18bddcad5b200f321ad2.jpeg

Menjadi mahasiswa ternyata tidak mudah, tidak seperti yang aku bayangin saat aku masih di duduk di bangku SMA dulu, aku terus dihantui dengan tugas-tugas yang terus gentayangan

Apalagi harus dikejar deadline lomba-lomba blog, dan deadline video dan foto kreatif yang harus aku posting setiap minggunya sebagai penggiat sosial media dengan followers lumayan banyak hehe  di Instagram.

Pernah nggakbayangin rasanya dikejar deadline-deadline tersebut, dengan frekuensi yang sebegitu sering? Aku benar-benar mengalaminya sejak masuk dunia perkuliahan. 

Kalau dulu di bangku SMA tugasnya gitu-gitu aja, dan saat sudah dekat tenggat waktu pengumpulan tugas si guru pasti memberikan sinyal warning kepada siswanya. Nah kalau di kampus mah enggak, tugasnya sebejibun dan jangan harap si dosen memberikan sinyal warning alias ngingetin buat ngumpulin tugas, karena mahasiswa sudah dianggap dewasa katanya.

Kenapa sih repot-repot ikut lomba, sama bikin postingan kreatif di Instagram segala?

Kalau jadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah-pulang kuliah-pulang sih nggakmasalah, mereka nggak ada aktivitas lain selain kuliah, ngerjain tugas, makan dan tidur. Tapi buat mahasiswa seperti aku (agak sombong dikit nih) yang aktif berorganisasi, sering ikut lomba blog dan suka upload video dan foto kreatif di instagram, semua itu adalah sebuah tantangan yang asik dan menyenangkan walau kadang menjengkelkan karena terasa berat.

Ikut lomba merupakan salah satu cara aku untuk mengasah kemampuan menulis, melatih kecerdasan analisis serta kecerdasan lingustik, dan tentunya CARI DUIT hehe. Maklum lah anak rantauan, yang kuliah di luar kota dengan uang saku terbatas sementara kebutuhan yang banyak butuh asupan duit tambahan hehe. Maka dari itu dengan cara ikut lomba menulis di blog merupakan sebuah alat untuk menembel isi dompet.

Bikin postingan video dan foto di instagram adalah salah satu caraku memanfaatkan kemajuan teknologi. Memposting video dan foto di instagram dapat menstimulus daya kreatif aku. Melihat kenyataan perhari ini dimana lapangan pekerjaan yang sedikit yang tidak seimbang dengan jumlah angkatan kerja, membuat hal tersebut menjadi skill tambahan untukku dalam menghadapi kehidupan yang semakin keras, apalagi sekarang adalah zaman yang menuntut kita untuk selalu kreatif dalam segala hal.

Sebenarnya sih bisa dibuat agak lebih santai dan mudah, yaitu dengan nugas asal-asalan, seadanya dan yang penting ngumpulin, ngirim tulisan lomba dengan pasrah yang penting ikut, atau membuat video apa adanya yang penting ada postingan yang diupload setiap minggunya. Tapi semua itu akan sia-sia saja jika dikerjakan dengan seadanya atau asal-asalan. Karena bakalan dapet nilai seadanya juga jika ngumpulin tugas seadanya, gak bakalan menang lomba blog, dan akan kehilangan followers jika postingan yang diupload gitu-gitu aja.

Untuk menghasilkan tugas, tulisan dan postingan instagram terbaik so pasti dibutuhkan kerja keras dan kreatifitas yang tinggi. Bagaimana caranya aku bisa untuk mengerjakan tugas sesuai keinginan dosen, menulis tulisan blog yang kreatif, membuat postingan foto dan video yang keren biar gak garing, termasuk menambahkan caption di dalamnya yang kata-katanya dapat menembus langit. Bumbu-bumbu kreatif adalah suatu hal yang wajib ada sebagai cita rasa dalam setiap karya Creative People zaman now.

Hambatan selalu ada

Awalnya semua itu berjalan normal-normal saja, membagi waktu antara mengerjakan tugas kuliah, menulis blog, dan membuat postingan instagram. Tapi ada suatu saat pikiran terasa deadlock, mati, dan ide-ide kreatif nggak muncul-muncul, bahkan itu sering terjadi. Mungkin karena otak terlalu panas dengan tugas kuliah yang harus baca buku setebal kitab suci yang dicari Sun Go Kong, kemudian nulis ataupun ngetik tugas yang menghabiskan kertas yang begitu banyak sampai-sampai menghabiskan ribuan pohon buat ngebikin kertasnya. Hingga akhirnya banyak lomba blog yang sia-sia alias kalah, dan bahkan postingan di instagram sering dikomen "Garing banget videonya bang".

Memang sih aku lebih mengutamakan tugas kuliah ketimbang lomba blog dan deadline postingan di instagram, karena aku di sini kuliah merantau dan otomatis butuh biaya banyak, sementara aku masih bergantung dengan orang tua karena belum punya penghasilan, jadi aku nggak mau ngecewainorang tua.

Tapi tetap saja, tulisan blog juga postingan foto dan video di instagram harus tetap jalan, dan tentunya tetap berjalan kreatif.

Nah kembali lagi ke persoalan utama, saat-saat dimana pikiran terasa deadlock, mati, dan ide-ide kreatif nggak muncul-muncul yang hal tersebut sering terjadi. Banyak sih cara-cara yang aku lakukan untuk mengundang, menjaring, serta ide-ide kreatif untuk karya impianku. Kreatif itu penting banget apalagi buat Creative People zaman now karena aku sadar bukan hanya aku yang ikut lomba blog, dan bukan hanya aku yang bisa memposting foto atau video keren tersebut.

Menghadapi deadlock

Banyak cara yang aku lakukan untuk mengembalikan kembali hawa-hawa kreatif yang hangus karena panasnya api tugas kuliah yang membara, salah satunya dengan cara-cara seperti ini.

1. Jalan-jalan di sekitar lingkungan kos

Terkadang melihat lingkungan sekitar bisa memunculkan ataupun mengembalikan sisi kreatif kita, seperti melihat langit, melihat kucing jalan, ayam jalan, atau sepasang kekasih yang jalan bareng di depan aku yang jomblo wkwkwk. Semua itu terkadang bisa memunculkan ide-ide kreatif untuk tulisan aku di blog maupun postingan di instagram.

 2. Stalking mantan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2