Moch FerryDwi
Moch FerryDwi Human Resources

To Helping People and To Help Themselves

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Keluarga Penerima Manfaat PKH Ikuti Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga

16 Mei 2019   17:17 Diperbarui: 16 Mei 2019   17:41 9 1 2
Keluarga Penerima Manfaat PKH Ikuti Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga
dokpri

"Uang tidak cukup ya diatur", fasilitator menyampaikan kepada keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Kota Batu pagi 09.30-11.00 WIB.

Salah satu rumah keluarga penerima manfaat (kpm) menjadi tempat dilaksanakannya pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2). Tepatnya di Junwatu Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Cukup banyak keluarga penerima manfaat yang hadir dalam pertemuan peningkatan kemampuan keluarga. Mereka semangat menghadiri pertemuan rutin sebulan sekali. Puasa Ramadhan keluarga penerima manfaat semangat untuk menyimak, memperhatikan materi yang disampaikan oleh fasilitator.

Pendamping sosial Program Keluarga Harapan Kota Batu juga mengajak ice breaking di sela pemberian materi pertemuan peningkatan kemampuan keluarga modul ekonomi.

Adapun materi yang disampaikan yaitu beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meminjam (memperhatikan aset yang dimiliki, untuk kebutuhan bukan keinginan), referensi perbandingan tempat meminjam (Bank pasar, PKK, arisan, saudara, koperasi), menabung, tempat menabung, sukses menabung (konsisten, dilakukan diawal dengan menyisihkan keuangan, untuk keperluan tidak terduga), memulai perencanaan usaha dengan memperhatikan analisa SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman).

Modul ekonomi mengajarkan kepada keluarga penerima manfaat untuk praktik menabung diawal, menjauhkan meminjam untuk memenuhi keinginan tapi untuk kebutuhan.

Selama pelaksanaan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga dilakukan diskusi seperti fasilitator menyampaikan pertanyaan kemudian dijawab oleh keluarga penerima manfaat.

Media yang digunakan diantaranya alat peraga berupa flip chart modul ekonomi yang diperoleh dari Balai Diklat Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial.