Mohon tunggu...
M NurkholisMajid
M NurkholisMajid Mohon Tunggu... Freelancer - Semangat!!!

traveler

Selanjutnya

Tutup

Money

Efektivitas Pemasaran Bisnis Kuliner Melalui Instagram

9 Desember 2019   21:59 Diperbarui: 9 Desember 2019   22:08 1143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pesatnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang membuat jumlah pengguna Internet dan media sosial  juga semakin tinggi. Berdasarkan Pusat Kajian Komunkasi UI yang berkerja sama dengan APJII yang merlakukan survei tentang data pengguna Internet di Indonesia menyebutkan bahwa jumlah penggunaan Internet di Indonesia menyentuh angka 88,1 juta pengguna. Apalagi dit dengan hadirnya smartphone dapat memudahkan setiap orang untuk mengakses internet secara mobile. Dengan demikian menjadikan Indonesia sebagai pasar untuk kegiatan bisnis online yang sangat potensial.

Dengan berkembangnya smartphone semakin banyak bermunculan media sosial seperti whatsapp, Instagram, youtube, facebook, twitter, dan line. Instagram meruapakan media sosial yang sering di gunakan di Indonesia setelah twitter dan whastapp. Instagram merupakan sosial media yang mengalami pertumbuhan pengguna yang begitu pesat selain whatsapp. Di Indonesia pengguna instagram sebesar 7% dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia.

Dengan jumlah yang terus meningkat. Sekarang Instagram telah di unduh di playstore lebih dari 1 milyar lebih unduhan. Dengan ini  instagram dapat dijadikan peluang sebagai media pemasaran bagi para pembisnis. Dalam zaman globalisasi dan serba modern pemasaran yang efektif dapat menjadikan keunggulan bersaing dalam ketatnya persaingan bisnis lokal maupun nasional. Teknik pemasaran menggunakan media sosial membuatnya tidak ada batasan dari segi geografis selagi masih terjangkau dengan internet.

Instagram meruapak aplikasi yang paling banyak digunakan sebagai media pemasaran, dikerenakan Instagram berfokus pada penggunaan gambar dan video selain itu, cara penggunaan yang mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar dan dengan adanya fitur hastag yang mempermudah pencarian maka, Instagram dapat menjadi solusi yang jitu sebagi media pemasaran kuliner. 

Dengan creat content yang mudah, admin dapat mengunggah konten yang telah banyak di persiapkan. instagram mempunyai berbagai unsur pendukung lainnya seperti profil, followers, push notification, tag lokasi yang dapat dihubungkan dengan jejaring sosial lainnya,. Instagram telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna di dunia, dengan setiap orang memiliki berbagai kepentingan masing-masing seperti mengikuti tren, untuk sosialisai, dan melakukan aktivitas promosi bisnis.

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang sangat menjanjikan, dengan melakukan promosi yang besar maka bisnis ini akan menjadi lancar. Bisnis kuliner sudah sangat banyak di Semarang. Bisnis ini terbilang cukup menjanjikan dan mampu menjaring banyak tenaga kerja seperti: koki, tukang cuci piring, supplier, dan jasa trasnportasi. Penjualan yang hanya mengandalkan dari mulut ke mulut yang biasanya dilakukan tidak bisa menjaring konsumen terlalu luas, karena cakupan nya lokal dan kerabat saja.

Promosi kuliner dengan menggunakan media sosial Instagram merupakan hal yang menarik, karena yang biasanya toko kuliner melakukan promosi dengan melakukan sebaran brosur dan melakukan diskon-diskon makanan dengan biaya yang tinggi kini dapat dilakukan dengan mengunggah foto atau video yang dapat menarik pembeli untuk datang ke toko tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak dan menguras banyak waktu, karena dengan koneksi Internet semua dapat terjadi dalam waktu yang begitu cepat. Dengan adanya media sosial Instagram yang basisnya foto dan video seharusnya dengan menggunakan foto dan video yang menarik dapat menajring pelanggan lebig banyak lagi. Apalagi di tambah dengan sifat media sosial intagram yang realtime, menenkankan pada visual, fitur yang Fariative dan efisien. Supaya pertumbuhan jumlah pengunjung toko kuliner dapat terus meningkat tiap tahunnya, tentu membutuhkan strategi marketing dan kegiatan promosi yang efektif. Penggunaan media sosial Instagram dapat dijadikan salah satu solusi untuk mencapai tujuan utama dari kegiatan promosi kuliner. Instagaram sebagai media pemasaran begitu membutuhkan dukungan dari influencer.

Dengan adanya influencer maka nama toko kuliner dan loyalitas konsumen terhadap prduk kuliner dapat terjaga. Menurut Qurthuby, Alhifni, and Muhlisin (2019) strategi pemasaran yang efektif menggunakan konsep AIDA yaitu: pesan yang disampaikan mampu mendapatkan perhatian (attention), dapat menarik perhatian pelanggan (intetion), sehingga dapat menimbulkan niat untuk membeli produk tersebut (desire), dan di akhiri dengan membeli produk tersebut (action). Dalam pemasaran online ada konsep pemasaran sendiri yaitu SFS (Shout For Shout) yaitu konsep pemasaran yang menekankan pada partisipasi dalam melakukan promosi, konsep ini termasuk dalam konsep pemasaran 3.0 (marketing 3.0). Menurut Ubitha and Kurniawan (2019) SFS dibagi menjadi dua jenis yaitu:

  • SFS Slot adalah sebuah sistem SFS yaitu dalam sekali posting terdapat empat hingga sembilan online shop yang bergabung untuk melakukan SFS, stelah itu foto dari online shop yang akan ditampilkan, digabungkan dalam satu frame untuk diunggah menjadi satu unggahan.
  • ) SFS jenis personal, merupakan sistem untuk mengunggah foto dilakukan satu per satu, sehingga satu online shop dapat mengunggah lebih dari lima foto dalam jarak waktu yang berdekatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun