Mohon tunggu...
KKN
KKN Mohon Tunggu... Sejarawan - Mahasiswa S1

Love mine

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2022 Melakukan Metode Pembelajaran Sejarah kepada Anak-anak Sekolah Dasar di Desa Krandegan, Purworejo, Jawa Tengah

4 Agustus 2022   12:23 Diperbarui: 9 Agustus 2022   10:02 43 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pelaksanaan Metode Pembelajaran Sejarah (Dokumentasi Pribadi).

Menurut Ginting (2014) metode pembelajaran dapat diartikan cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan serta berbagai teknik dan sumber daya terkait lainnya agar terjadi proses pembelajaran pada diri peserta didik.

Sedangkan Pembelajaran Sejarah terkait dengan kemampuan mengetahui dan memahami peristiwa sejarah. Sebab pemahaman tentang adanya perubahan dan kontinuitas dari waktu ke waktu harus dapat  menjadikan kita menjadi manusia yang mampu bersikap secara terbuka. Seseorang yang memiliki kemampuan pembelajaran sejarah setidaknya memerlukan kemampuan yang kompleks.

Pembelajaran Sejarah melibatkan interpretasi, dimana ini adalah apa yang kita dapatkan dari bahan bacaan ataupun informasi mengenai sesuatu hal memerlukan interpretasi. Misalkan tentang peristiwa hadirnya era reformasi. Masing-masing kita bisa saja memiliki pemahaman yang berbeda dengan para penulis atau penutur mengenai sebab musababnya, peran para tokohnya, arah dan tujuan perjuangan para tokohnya, dan lain-lain.

Pentingnya pengetahuan sejarah bagi anak-anak harus diperhatikan dan tidak ada salahnya jika diperkenalkan sedini mungkin. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan penulis, anak-anak di Desa Krandegan  dalam proses belajar saat ini masih dalam masa pemulihan pembelajaran offline karena masih kembali ke pembelajaran seperti semula sebelum pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar di sekolahpun mulai berangsur normal yang dapat menjadikan  anak-anak Sekolah Dasar dalam belajar kembali dapat bertemu dan bertatap muka secara langsung dengan para pengajar dan mereka tidak mudah bosan seperti keadaan online sebelumnya.

Maka penulis berinisitaif untuk mengadakan program kerja Sosialisasi pembelajaran Sejarah dengan menggunakan media leaflet,Poster,dan Video literasi dan Rencana Pelaksaan Program kesejarahan dengan sasaran anak-anak Sekolah Dasar Kelas 5 Desa Krandegan, Kecamatan Bayan. Pelaksanan kegiatan dilakukan pada tanggal 3 Agustus 2022, pukul 09.30-10.00 WIB disekolah dasar.

 (Dokumentasi Pribadi)
 (Dokumentasi Pribadi)
Pemberian Poster dan Leaflet Pembelajaran Sejarah Mengenai Tokoh Proklamasi Indonesia (Dokumentasi Pribadi)   
(function(d,a,b,l,e,_) {
if(d[b]&&d[b].q)return;d[b]=function(){(d[b].q=d[b].q||[]).push(arguments)};e=a.createElement(l);
e.async=1;e.charset='utf-8';e.src='//static.dable.io/dist/plugin.min.js';
_=a.getElementsByTagName(l)[0];_.parentNode.insertBefore(e,_);
})(window,document,'dable','script');
dable('setService', 'kompasiana.com');
dable('sendLogOnce');
dable('renderWidget', 'dablewidget_370Kq2ox');
Pemberian Poster dan Leaflet Pembelajaran Sejarah Mengenai Tokoh Proklamasi Indonesia (Dokumentasi Pribadi) (function(d,a,b,l,e,_) { if(d[b]&&d[b].q)return;d[b]=function(){(d[b].q=d[b].q||[]).push(arguments)};e=a.createElement(l); e.async=1;e.charset='utf-8';e.src='//static.dable.io/dist/plugin.min.js'; _=a.getElementsByTagName(l)[0];_.parentNode.insertBefore(e,_); })(window,document,'dable','script'); dable('setService', 'kompasiana.com'); dable('sendLogOnce'); dable('renderWidget', 'dablewidget_370Kq2ox');

Proses kegiatan Pembelajaran Sejarah diawali dengan perkenalan dan memberi gambaran mengenai pentingnya literasi sejarah, terutama dengan mengenalkan peristiwa-peristiwa bersejarah di masa lampau, dan penganalan tokoh-tokoh pahlawan Proklamasi dengan penyampaian materi menggunakan media Video Literasi dan Poster yang telah dibuat sehingga mempermudah materi yang disampaikan kepada anak-anak di Desa Krandegan.
Agar tidak bosan dengan kegiatan yanng berjalan pembelajaran diisi dengan kegiatan tambahan seperti  sharing-sharing santai mengenai bagaimana perasaan mereka mengenai pembelajaran secara daring yang dialami oleh adik-adik dan saat sudah kembali luring kembali sehingga adik-adik tidak merasa bosan dan mood belajar mereka juga bagus.
Diharapkan setelah pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Sejarah dapat memberikan ilmu serta pengalaman kepada adik-adik di Desa Krandegan sehingga mereka mendapat pelajaran yang mungkin tidak didapat selama pembelajaran di sekolah.

Penulis: Muhammad Nauval
(Ilmu Sejarah 2019)
DPL: Arifa Rachma Febriyani, S.I.Kom, M.I.Kom
Lokasi KKN: Desa Krandegan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo.

#KKNTimIIUNDIP2022 #UNDIP #P2KKN #LPPMUNDIP #KKNUNDIP2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan