Mohon tunggu...
M. Jojo Rahardjo
M. Jojo Rahardjo Mohon Tunggu... Penulis - Maksimalkan fungsi otak hanya dalam hitungan hari.

Pakar neuroscience mendefinisikan positivity: "Sebuah kondisi di otak di mana otak bekerja maksimal, sehingga otak lebih cerdas, kreatif, inovatif, analitis, mampu memecahkan masalah, tahan terhadap tekanan dan mudah lepas dari depresi, fisik lebih segar, immune system membaik, dan lebih cenderung berbuat kebajikan". ______________________________________________________________________________ Tulisan M. Jojo Rahardjo tentang positivity atau positive psychology bisa dibaca juga di website "Membangun Positivity".

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

World Happiness Report? Apa Itu?

2 Februari 2021   10:14 Diperbarui: 2 Februari 2021   11:04 230 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
World Happiness Report? Apa Itu?
Gambar: https://worldhappiness.report

Human Development Report (HDR) diterbitkan tiap tahun oleh PBB sejak 1990, digunakan untuk mengukur kemajuan sebuah negeri. HDR mengukur 3 indikator: life expectancy, level of education dan income per capita. Indonesia mendapatkan nilai index 0,718 di tahun 2020 atau berada di posisi 107 dari 189 negara. HDR mengukur tiap negara di dunia dengan nilai dari angka 0 sampai dengan angka 1 HDI (Human Development Index).

Namun sejak tahun 2012 PBB juga tiap tahun menerbitkan satu report lagi, yaitu World Happiness Report (WHR). Angka-angka yang tertera dalam WHR tidak jauh berbeda dengan yang di HDR. Sebagaimana namanya, report ini menggunakan 6 indikator untuk mengukur tingkat happiness sebuah negeri (warganya), yaitu: 1. GDP per capita, 2. Social support, 3. Healthy life expectancy, 4. Freedom to make life choices, 5. Generosity, 6. Perceptions of corruption.

Tahun 2020 Indonesia di WHR berada di posisi 84 dari 153 negara dengan index atau score 5.286 (Finland mendapat score tertinggi: 7.809 dan terendah Afghanistan: 2.567). Finland sudah 3 tahun berturut-turut berada di peringkat teratas di WHR. Sedangkan semua negara Skandinavia yang lain juga selalu berada di posisi 10 teratas bersama dengan negara-negara Eropa lain, juga negara New Zealand. Israel yang selalu dalam situasi perang secara mengejutkan juga selalu berada di posisi dekat dengan urutan 10.

Tentu itu artinya Indonesia masih belum menempati posisi yang bagus menurut HDR atau WHR. Meski demikian Indonesia terus membaik menurut kedua laporan itu. Namun posisi Indonesia ini tetap lebih rendah daripada beberapa negeri di Asia dan Amerika Latin.

Untuk membaca atau mendownload World Happiness Report tahun 2020 bisa mendowloadnya di sini
Judul Buku (PDF ebook): World Happiness Report 2020

Tahun: March, 2020

Tebal: 202 halaman

Penulis: John F. Helliwell, Jan-Emmanuel De Neve, Richard Layard, Jeffrey Sachs

Penerbit: Sustainable Development Solutions Network

=o=

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN