Mohon tunggu...
M Izzudin
M Izzudin Mohon Tunggu... Peternak - pemuda berfikir

pemuda yang lahir di blitar yang besar di malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Transformasi Pemasaran di Era Digital Marketing

24 Januari 2021   16:50 Diperbarui: 24 Januari 2021   17:22 1745
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa itu transformasi?

Transformasi adalah proses perubahan baik itu pada sistem, teknologi maupun proses berbisnis secara berjangka maupun menyeluruh bertujuan untuk efisiensi , efektif  serta mengacu pada kepuasan pelanggan. Transformasi pada bisnis adalah hal keseharusan yang harus dilakukan perusahaan, karena jika suatu perusahaan tidak melakukan trnasformasi maka perusahaan tersebut harus siap tertinggal dengan kompetitior.

Tahapan yang perlu diperhatikan dalam melakukan transformasi

Planning, dimana proses melakukan perumusan tentang inovasi baru apa yang Ingin diciptakan saat ini dan masa mendatang. Ketika proses inovasi sudah selesai maka langkah ke dua yaitu Teknologi, disini teknologi berperan sebagai alat dalam kita sukses menjalankan strategi bisnis. Ketika 2 tahap sudah selesai maka yang terakhir yaitu implementasi, di tahap terakhir ketika mengimplementasikan kita perlu mencari penyedia pemasok teknologi informasi yang baik, ini adalah proses penting karena teknologi baru tidak bisa dilakukan sembarangan kita harus mencari yang sudah pengalaman dan sudah terbukti bisa memberi dampak positif bagi pebisnis.  

Apa itu digital marketing?

Digital marketing adalah upaya pemasaran produk dengan menggunakan perangkat elektronik/internet dengan berbagai taktik marketing dan media digital dimana pemasar dapat berkomunikasi dengan konsumen secara online atau real time, dan juga bias diartikan yaitu suatu integrasi teknologi  pemasaran digital dengan proses untuk meningkatkan kinerja dari seuatu perusahaan, memperluas jangkauan pasar, meningkatkan komunikasi sua arah dengan konsumen serta bisa menekan biaya. Banyak pembisnis telah melakukan transformasi digital akan tetapi masih memakai kaidah dari pada system pasar tradisional , dari situ mengakibtkan kegagalan dalam rencana berbisnis.

Alasan menggunakan digital marketing

1. Dapat digunakan pada semua jenis bisnis

2. Dapat meningkatkan profit perusahaan

3. Mampu menjangkau target konsumen secara spesifik

4. Dapat menggukan berbagai macam perangkat

5. Dapat membantu kita dalam membangun brand

Alat-alat yang dapat digunakan dalam digital marketing

Tentu dalam digital marketing kita perlu memakai atau menggukan alat, alat yang dimaksud disini adalah yang bisa kita gunakan untuk memasarkan perusahaan maupun produk kita agar calon konsumen bisa mengetahui keberadaan barang kita, alat-alat yang biasa dipakai yaitu; media sosial seperti instagram, facebook, wa, line dbs,youtube, website, blog, email bisnis, serta infografis. Jadi kita bisa mengacu pada salah satu atau bahkan bisa menggunakan semuanya.

Kesimpulan

Banyak yang harus dipertimbangkan dalam melakukan suatu transformasi bisnis yang baik dan benar, melakukan transformasi adalah cara yang sangat tepat untuk meningkatkan keunggulan bersaing dlam berbisnis, karena persaingan bisnis pasti akan terus meningkat seiiring munculnya kompetitor baru.

Jika anda berfikir membangun strategi digital marketing tidak akan merubah pondasi dari dasar bisnis anda itu adalah hal yang salah , menggunakan trend digital dalam strategi berbisnis bukan hanya merubah/membangun system yang dulu tradisonal menuju modern, akan tetapi tentang perubahan mutlak dalam sebuah bisnis.

Paham dengan penerapan strategi digital marketing bukan hanya menambahkan inovasi digitalisasi , akan tetapi lebih tentang memikirkan kembali cara berbisnis dengan melakukan pemasaran yang efektif pada era digital, bisnis anda dituntut untuk dapat serta cepat beradaptasi , maka diperlukan trnsformasi bisnis dengan dukungan solusi teknologi adalah jawaban inti dari segala masalah bisnis yang selama ini menjadi penghambat atas giat suksesnya pembisnis sehingga dengan teknologi hasinya akan lebih maksimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun