Mohon tunggu...
Mitha Susanto
Mitha Susanto Mohon Tunggu... Mahasiswi Trisakti School of Management 2018 Jakarta

Mahasiswi Trisakti School of Management 2018 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Berikut Beberapa Tips yang Harus Diambil Sebelum Melakukan Interview!

5 Mei 2021   09:52 Diperbarui: 5 Mei 2021   10:59 25 1 0 Mohon Tunggu...

Sebelum seseorang melakukan observasi atau interview, ada baiknya mencari tahu sebanyak mungkin tentang pekerjaan yang anda lamar. Anda dapat mencari info tersebut melalui:

1. Job description sebelumnya dari organisasi 

2. Training manual dan training material 

3. Job description dari Dictionary of Occupational Titles (U.S. Departemen of Labor, 1991), O*NET, atau studi yang dilaporkan dalam literatur professional. 

4. Manajer operasi atau profesional SDM yang dapat memberi tahu anda inti dari pekerjaan tersebut. 

Ada beberapa persiapan yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan observasi ataupun interview. Apa saja? Simak berikut ini: 

1. Tuliskan hal-hal yang tidak Anda pahami sebelum pergi ke tempat yang ditentukan untuk melakukan observasi ataupun interview. 

2. Sebelum melakukan observasi ataupun interview ada baiknya menentukan jadwal pertemuan. 

3. Persiapkan diri Anda semaksimal mungkin. Baik dari informasi yang akan diberikan dan penampilan. Penampilan Anda tidak boleh menjadi topik percakapan di lokasi yang dipilih untuk observasi ataupun interview. Maka dari itu persiapkan penampilan Anda serapih mungkin. 

4. Anda perlu menyimpan catatan observasi ataupun interview. Apabila menggunakan alat perekam video ataupun audio untuk observasi ataupun interview, pastikan bahwa calon atau pakar Anda mengetahui apa yang Anda lakukan dan mereka setuju untuk mengizinkan Anda merekamnya. 

Setelah Anda mengetahui beberapa tips yang diberikan sebelum melakukan observasi ataupun interview, Anda dapat lebih siap untuk melakukan observasi ataupun interview dengan lancar. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x