Mohon tunggu...
Misca
Misca Mohon Tunggu... Mahasiswi

Habis Gelap Terbitlah Terang

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tugas Kuliah Menumpuk? Cobalah Beberapa Situs dan Aplikasi Ini

19 Maret 2021   12:42 Diperbarui: 19 Maret 2021   13:19 236 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tugas Kuliah Menumpuk? Cobalah Beberapa Situs dan Aplikasi Ini
sumber foto: Pixabay.com

"Perasaan tugas mulu, nggak pernah kosong tugas"

Terlintas pikiran banyak tugas dan sulit dalam mengerjakannya? Bagi kamu, mahasiswa tidak perlu bingung lagi, sekarang ini sudah banyak situs, aplikasi atau alat penunjang lainnya yang memudahkan kamu mengerjakan tugas tepat waktu. Situs berikut ini akan memudahkan kamu mengerjakan tugas dan tentunya gratis bebas untuk digunakan untuk menyelesaikan tugas.

  1. Situs Referensi

Bagi kamu yang mencari rujukan untuk makalah, jurnal atau skripsi yang sedang kamu buat, situs ini bisa menjadi acuan buat kamu mencari referensi. Situs ini menyediakan thesis, buku, abstrak, artikel dan masih banyak yang lainnya. Literatur yang luas untuk para akademisi dan mahasiswa. Kamu bisa mengetik di kotak pencarian artikel jurnal atau thesis yang ingin kamu cari. Di situs ini juga bisa melihat sesuai susunan per tahun, sehingga kamu dapat mensortir jurnal atau thesis terbaru.


Situs ini menyediakan jurnal berbahsa Indonesia dan tentunya terbit di Indonesia. Ada sekitar 15 ribu lebih jurnal yang dapat diakses di situs ini dengan 411 ribu lebih artikel. Kamu bisa menjadikan situs ini untuk mencari jurnal yang tepat.


Academia menyediakan berbagai jenis paper atau makalah yang dapat digunakan secara gratis dengan cara login atau masuk melalui gmail, facebook atau juga bisa melalui apple. Setelahnya kamu dapat mencari e-book atau paper yang diinginkan.


Situs ini terdapat jurnal ilmiah, workshop, seminar internasional yang dapat digunakan untuk referensi pembuatan makalah atau tugas lainnya.


Ini merupakan situs yang menyediakan kumpulan buku dari berbagai penulis dan penerbit di Indonesia. Kamu dapat mencari buku, jurnal atau paper yang ada di situs ini dan tentunya gratis dengan catatan membuat akun untuk masuk di situs ini. Terdapat juga beberapa buku atau jurnal berbahasa Inggris. Situs ini dikelola oleh pemerintah Indonesia untuk para pelajar di Indonesia yang membutuhkan referensi tambahan pelajaran atau menyelesaikan tugas. Situs ini juga memiliki aplikasi yang dapat dipasang di handpone android kamu, untuk melihat buku atau referensi lainnya. Kamu dapat meminjamnya dengan tengat waktu yang diberikan di situs atau aplikasi IPUNAS ONLINE.


2. Situs Peringkas Dokumen atau Artikel

Situs ini dapat meringkas inti dokumen atau artikel yang kamu baca hanya dengan copy dan paste serta mengidentifikasi inti dari yang kamu baca dengan klik resoomer. Hasil rangkuman dari situs ini dapat kamu gunakan untuk tugas yang dibuat.

Setelah kamu mencari referensi melalui situs-situs diatas dan meringkas bacaan yang  dibaca. Selanjutnya, kamu bisa langsung mengecek kata yang terdapat dalam tulisanmu. Apakah ada duplikat kata dengan yang lainnya atau tidak? Jika iya, kamu bisa mengeceknya di situs berikut dan tentunya gratis untuk diakses.

3. Situs Pengecek kata

Sudah mengecek duplikat kata pada tugasmu? Sekarang kamu bisa mengcek grammar. Apabila tulisanmu berupa bahasa inggris dan kamu tidak ahli dalam grammar, kamu bisa cek di Grammarly. Situs ini digunakan untuk mengcek ejaan grammar kamu yang berantakan, cukup dengan copy dan paste.

Jika, Kamu seorang mahasiswa jurusan matematika dan bingung masalah rumus atau sejenisnya? Kamu bisa menggunakan aplikasi Graph89 Free  untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Aplikasi ini dapat menghitung statistik, trigonometri dan matematika lainnya. Cukup klik angka dan rumus kemudian jawabannya akan terlihat.

Belum lengkap dengan situs dan aplikasi di atas? Tenang, ada lagi yang dapat kamu lakukan yaitu Scan dokumen untuk melengkapi tugasmu. Apabila tugasmu berupa tulisan tangan kamu bisa scan dengan mendownload salah satu dari aplikasi berikut yaitu Adobe scan dan Microsoft office lenskamu dapat mengubahnya menjadi pdf. Sebagai tambahan selama belajar, kamu malas menulis dengan tangan? Jangan khawatir, kamu dapat mengetiknya dengan aplikasi Evernote.

Tugas bukan menjadi masalah utama dalam mengerjakannya, saat ini telah tersedia berbagi macam aplikasi dan situs yang dapat kamu gunakan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dosen, setelahnya bagaimana caranya kamu meluangkan waktu untuk menyelesaikannya tepat waktu.

VIDEO PILIHAN