Mohon tunggu...
Muzamil Misbah
Muzamil Misbah Mohon Tunggu... Freelancer - Orang biasa yang gemar baca buku, makan dan jalan-jalan

Sarjana Ekonomi Universitas Negeri Malang, suka menulis tentang ekonomi dan puisi, pegiat literasi keuangan

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Kembali ke Realitas Finansial: Tips Efektif Mengelola Uang Pasca Lebaran

12 April 2024   12:00 Diperbarui: 12 April 2024   12:55 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi realitas finansial. sumber: freepik

Setelah lebaran berlalu, banyak dari kita kembali menghadapi realitas sehari-hari yang kadangkala memerlukan perhatian khusus, terutama dalam mengatur keuangan. 

Meskipun momen lebaran memberikan kegembiraan dan kehangatan, sering kali juga diikuti oleh tekanan finansial karena pengeluaran ekstra yang dibutuhkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan lebaran. 

Namun, penting untuk tidak terjebak dalam siklus pengeluaran berlebihan dan segera kembali fokus pada manajemen keuangan yang baik. 

Mengkaji Kembali Pengeluaran Lebaran

Langkah pertama yang penting dalam mengatur keuangan pasca-lebaran adalah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pengeluaran selama periode tersebut. 

Dalam proses ini, penting untuk mencatat dengan teliti setiap pengeluaran yang dilakukan, mulai dari pembelian baju baru, persiapan hidangan lebaran, hingga biaya transportasi dan akomodasi untuk mudik. 


Meskipun terkadang kita cenderung mengabaikan pengeluaran kecil, namun catatan yang teliti akan memberikan gambaran yang jelas tentang seberapa besar total pengeluaran yang telah terjadi selama periode lebaran.

Dari catatan tersebut, kita dapat mengidentifikasi pola pengeluaran, mengevaluasi prioritas, dan menentukan area-area di mana kita dapat menghemat lebih banyak uang di masa depan. 

Misalnya, kita mungkin menemukan bahwa pengeluaran untuk keperluan tertentu, seperti belanja pakaian, makanan, atau hiburan, telah melebihi anggaran yang telah ditetapkan. 

Dengan mengetahui hal ini, kita dapat melakukan penyesuaian anggaran dan mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien di masa mendatang.

Perencanaan Anggaran yang Teliti

Setelah mengevaluasi pengeluaran selama lebaran, langkah selanjutnya adalah melakukan perencanaan anggaran yang teliti untuk periode pasca-lebaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun