Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tips Meningkatkan Daya Ingat

13 Juni 2020   07:08 Diperbarui: 13 Juni 2020   07:29 59 12 1 Mohon Tunggu...

Kompasianer,

Pernahkah anda mengalami lupa menaruh sesuatu barang, atau pernahkah anda mengalami terlupa membawa sesuatu kekantor dan teringat setelah mendekati kantor atau masih dijalan menuju kantor, atau pernahkan anda mengalami saat sholat ini sudah rakaat kedua apa ke tiga ya, atau pernahkah anda mengalami lupa menaruh kaca mata atau kunci mobil dan teringat dimana menempatkannya pada saat anda sedang sholat, apabila jawaban kompasianer pernah, maka jangan khawatir.....karena kompasianer sama dengan saya.

Saya pernah juga meminum suplemen untuk meningkatkan daya ingat, tetapi sama hasilnya, ingatan saya tetap masih sering juga lupa.

Saya pernah membaca dan pernah mendengar orang memberikan nasihat karena tingkat pelupa saya cukup tinggi, mungkin tips ini bisa membatu kompasinaer yang bernasib sama seperti saya, beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat.

Berolah raga

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat, beberapa ilmuwan mengatakan berolah raga secara rutin adalah salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat, olah raga yang dilakukan tidak harus berat dan lama, secara rutin saja tetapi setiap hari antara 15 sampai 30 menit, dan olah raga yang dilakukan adalah olah raga ringan-ringan saja, seperti jalan kaki, atau kalau menggunakan alat seperti treadmil.

Atau bisa juga cari olahraga yang sekaligus membuat anda lebih fress misalnya sekedar menyusuri bukit, atau lereng-lereng gunung, kalau anda sudah terbiasa nanti mencoba lebih tinggi lagi seperti mendaki gunung yang tidak terlalu terjal tentunya, karena dengan berolah raga otak akan bekerja dengan baik dan dapat meningkatkan daya ingat.

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas juga di percaya dapat meningkatkan daya ingat, bagi seorang muslim malah dianjurkan tidur setelah sholat isya dan bangun di penghujung malam untuk melakukan sholat, dengan melakukan tidur yang cukup dipercaya dapat melakukan konsolidasi daya ingat. Dengan tidur yang cukup dipercaya sangat membantu daya ingat.

Menjaga makanan dan minuman

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi di percaya juga akan membantu meningkatkan daya ingat, minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, dengan catatan tidak berlebihan, karena meminum kafein yang berlebihan justru akan merusak tubuh dan daya ingat, selanjutnya memakan makanan yang bergizi, buah-buahan dan sayuran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x