Misbah Murad
Misbah Murad O

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Kampung Pelangi Riwayatmu Kini

10 Maret 2019   16:37 Diperbarui: 10 Maret 2019   17:25 75 4 0

Berbeda sekali keadaanya saat mengunjungi kampung pelangi di Banjar Baru Kalimantan Selatan, melihat di media sosial, wisata-wisata yang ada di Banjar Baru, salah satu yang sangat menarik perhatian saya adalah Kampung Pelangi, jaraknya tidak terlalu jauh masih di perkotaan, banyak kulinernya dan banyak tempat untuk berselfie ria.

Pada hari jum`at tanggal 8 Maret 2019, kami melangkahkan kaki kesini, setelah bertanya, sana sini, akhirnya ketemu juga, walau sempat tidak percaya, dan melihat lagi ke HP untuk memastikan, karena 180 drajat berbeda dengan yang di lihat kasat mata.

Bertempat di kawasan sungai kemuning, kelurahan Guntung Paikat Banjar Baru, Kalimantan Selatan, penataan sungai sebenarnya sangat rapi dan tertata indah, namun sudah kurang perawatan, daun-daun kering di sepanjang jalan yang kami lalui, serta mulai kumuh pemukiman yang ada di sisi nya, membuat kurang nyaman untuk berlama-lama disini.

Namun sepanjang jalan yang kami lalui, sisa-sisa ke indahan masih terlihat, seharusnya peran masyarakat disini lebih baik, karena Pemerintah Daerah sudah membuka jalan, masyarakat tinggal meneruskan dan menjaganya saja.

Bertanya dengan penjual yang ada disini, sambil menikmati minuman dingin yang tersedia, dan memperlihatkan keindahan kampung pelangi yang ada di HP, dia membenarkan, dulu memang bagus disini pak dua tahun lalu, tapi sekarang sudah pada rusak, payung tidak ada satupun yang tersisa.

Ingin rasanya berbagi, ingin menyampaikan bagai mana daerah lain di Indonesia yang saya kunjungi, banyak yang di bangun dari swadaya masyarakat, tapi disini sepertinya ingin mengharapkan bantuan Pemerintah sepenuhnya.

Mudahan ada tangan-tangan pemuda di kawasan ini yang tergerak hatinya, untuk bersama kembali membangun keindahan kampung pelangi. Semoga.