Mohon tunggu...
Misbah
Misbah Mohon Tunggu... Pribadi

Anak ilmu sosial yang tertarik dengan pertanian

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

iPusnas, Perpustakaan Dalam Genggaman

8 Desember 2017   18:34 Diperbarui: 8 Desember 2017   18:54 3101 1 1 Mohon Tunggu...
iPusnas, Perpustakaan Dalam Genggaman
Dokpri. Login

Saat menunggu kereta datang, antrean di bank ataupun menunggu kekasih, membaca buku bisa jadi pilihan terbaik. Tidak usah bingung bila di sekitar kita tak ada buku yang bisa dibaca, Perpustakaan Nasional sekarang menyediakan aplikasi iPusnas. Dengan aplikasi ini kita bisa membaca buku di mana saja tanpa perlu pergi ke perpustaan untuk pinjam buku dulu. Buat pelajar yang membutuhkan referensi bisa juga cari di iPusnas.

Aplikasi iPusnas bisa digunakan di Android, iOS, dan Windows. Untuk dapat meminjam buku kita harus login dulu dengan akun email atau akun Facebook. Setelah itu kita bisa mulai menjelajahi iPusnas.

Dokpri. Halaman awal iPusnas
Dokpri. Halaman awal iPusnas
Gambar di atas adalah halaman Koleksi yang juga halaman utama aplikasi, di situ muncul berbagai macam kategori buku. Untuk daftar buku yang lebih spesifik bisa klik Kategori Buku, lalu pilih kategori yang kita inginkan. Namun bila kita sudah tahu nama pengarang atau judul buku bisa langsung ke menu pencarian, jadi lebih cepat ketemu buku yang ingin kita baca.

Dokpri. Halaman pencarian buku
Dokpri. Halaman pencarian buku

Di menu pencarian kita tidak harus tahu lengkap nama pengarang ataupun judul buku, satu katapun bisa digunakan nanti akan muncul daftar yang memuat kata kunci yang dicari.

Dokpri. Buku yang mau dipinjam
Dokpri. Buku yang mau dipinjam
Setelah ketemu buku yang dimaksud lalu kita klik, akan muncul gambar seperti di atas. Kita bisa mengetahui jumlah salinan buku yang tidak sedang dipinjam dan ukuran file buku. 

Dalam halaman ini juga memuat nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, dan sinopsis. Walaupun tidak semua buku ada sinopsinya. Jumlah salinan yang disediakan oleh Perpustakaan Nasional untuk setiap buku adalah 10, jadi bila telah dipinjam semua kita akan masuk kedalam daftar antrean peminjam. Nanti bila sudah tersedia kita akan mendapat notifikasi.

Dokpri. Halaman Rak Buku
Dokpri. Halaman Rak Buku
Buku yang telah kita pinjam akan tersimpan di Rak Buku. Dalam Rak Buku ada susunan Pinjaman Buku, Antrean Buku, dan Riwayat Pinjaman. Masa peminjaman buku cuma 3 hari, dan dalam sehari kita hanya bisa meminjam 3 judul buku.

Aplikasi iPusnas bukan hanya aplikasi untuk meminjam buku lalu membacanya. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna lain. Ada fitur follow, rekomendasi, dan pesan. Jadi selain membaca buku kita bisa juga menambah kenalan. Ada juga fitur komentar di setiap buku, sebisa mungkin kalau kita habis membaca buku memberi komentar. Hal ini bisa membantu pengguna lain yang ingin membaca buku tapi belum ada sinopsisnya, jadi yang mau pinjam bisa dapat pertimbangan dari komentar kita.
Aplikasi bisa diunduh disini : Android, iOS, Windows

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x