Mohon tunggu...
Mirra SriWahyuni
Mirra SriWahyuni Mohon Tunggu... Dosen

Dosen Muda, di Wilayah Provinsi Bengkulu, Sumatera

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

PENERAPAN BISNIS ONLINE MELALUI JEJARING SOSIAL "INSTAGRAM" PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM)

23 Agustus 2019   19:44 Diperbarui: 23 Agustus 2019   19:51 835 0 0 Mohon Tunggu...
PENERAPAN BISNIS ONLINE MELALUI JEJARING SOSIAL "INSTAGRAM" PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM)
img-4214-jpg-5d5fdbbc097f364e057432a2.jpg

                                                                                                                            Oleh: Mirra Sri Wahyuni, SE., M.Ak 

               Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan informasi dan penggunaan teknologi (internet) semakin berkembang pesat. Dengan menggunakan internet, terutama jejaring sosial, masyarakat dari berbagai kalangan usia, gender, kelas sosial, ekonomi dan budaya dapat mengetahui berbagai perkembangan yang terjadi di lingkungan sekitar mereka serta dapat berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Saat ini, Instagram telah menjadi salah satu kategori jejaring sosial yang marak digunakan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk mereka. 

             Menurut Dosen Muda ini, "Instagram diyakini tidak hanya bermanfaat bagi online shop, retailer, restaurant, perusahaan travel, dan e-commerce saja, tetapi juga menjadi salah satu alat yang paling efektif dalam membangun sebuah brand bisnis. Faktanya, Instagram juga tidak hanya diminati oleh pria dan wanita yang merupakan para entrepreneur muda, namun juga ibu-ibu rumah tangga yang memiliki passion dalam mengembangkan usaha dari rumah (bisnis rumahan)".

            Jejaring sosial memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia untuk berbagi teks, gambar, audio dan informasi melalui video, bahkan menjadi media bagi seorang marketer dalam mempromosikan, membangun image hingga menjual produknya. Jejaring sosial dapat digunakan untuk membangun komunitas bagi para pengguna produk atau layanan dengan tujuan untuk membangun hubungan dan menciptakan komunikasi dua arah, sehingga marketer dapat mendengar dan mengetahui langsung apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan para konsumennya. Saat ini, Instagram telah menjadi salah satu kategori jejaring sosial yang marak digunakan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk mereka. Hal ini mengingat bahwa pada tahun 2016, pengguna aktif di Instagram telah mencapai 500 juta orang, dengan 95 juta foto atau video yang diunggah setiap harinya. 

             Selain itu, berdasarkan data dari kominfo.go.id (2016), Instagram diklaim lebih populer dibandingkan Twitter, memiliki berjuta-juta pengguna aktif, dengan pengguna yang sebagian besar memanfaatkan menumenu dalam aplikasi ini untuk mencari informasi produk online shop, dan mengunggah foto-foto liburan dan wisata. Dari angka tersebut, tidak mengherankan apabila banyak orang yang tertarik untuk menjadikan Instagram sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif dalam mencapai target dan menjangkau pasar, atau dikenal dengan istilah instagram marketing. 

             Sebelum akun Instagram berhadapan dan berinteraksi dengan pelanggan, maka hal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan minimal 3 foto yang harus sudah diupload duluan. Ketika keberadaan akun Instagram diketahui calon pelanggan, sedangkan di profile IG belum ada foto apapun, maka kemungkinan besar calon pelanggan ini sama sekali tidak peduli dan langsung beralih dari profile IG tersebut. Sederhananya, 3 foto ini berguna untuk membuat first impression pelanggan menjadi penasaran dan tertarik dengan bisnis yang kita miliki. Akan lebih baik lagi jika membuat menjadi 9 foto. Maka dari itu buat lah first impression yang menarik buat calon pelanggan.

          "Dengan bantuan media sosial, termasuk Instagram, mimpi menjadi pengusaha sukses menjadi makin dekat! Temukan inspirasi dan semangat kuat berbisnis dari sejumlah pengusaha muda sukses yang tak gampang menyerah. Saatnya Jalani Mimpi dan raih kesuksesan dengan memanfaatkan Instagram untuk mengembangkan bisnis Anda", Ujar Mirra. 

          UKM (Usaha Kecil Menengah) memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia dimana pada pasca krisis perusahaan-perusahaan besar mengalami keruntuhan, namun UKM mampu bertahan dan menjadi penolong serta penggerak perekonomian Indonesia. Untuk menumbuhkan minat konsumen mencoba dan membeli produk UKM diperlukan upaya, berbagai strategi pemasaran yang efektif salah satunya dengan kegiatan promosi. Pemberdayaan UKM di tengah arus globalisasi dan tingginya persaingan membuat UKM harus mampu menghadapi tantangan global, seperti meningkatkan inovasi produk dan jasa. Salah satu Kegiatan promosi yang efektif melalui media sosial, sebagai contoh menggunakan "Instagram".  

        "Hal ini sudah terbukti melalui penelitian yang dilakukan (Zulia Khairani, 2018) "Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa efektivitas promosi UKM makanan dan minuman kota Pekanbaru di media Instagram pada kategori tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa promosi melalui media instagram bermanfaat untuk menarik minat konsumen membeli produk UKM sektor makanan dan minuman", Tegas Mirra.

VIDEO PILIHAN