Mohon tunggu...
Mirna Basthami
Mirna Basthami Mohon Tunggu... Arsitek - Mirna Basthami

Arsitek lulusan Universitas Islam Indonesia dan Magister di bidang Urban Design lulusan Universiti Putra Malaysia dengan kajian utama Pedestrian Walkway for All. Tertarik pada bangunan tua,kota tua,sejarah kota,Kota Berkelanjutan, dan Sastra.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Sydney Opera House: Sebuah Ikon Negara yang Unik dan Indah

25 Juli 2021   10:09 Diperbarui: 25 Juli 2021   18:23 110 7 0 Mohon Tunggu...

Dalam dunia desain, terkadang memang diperlukan ide-ide gila atau diluar pikiran manusia sehingga membuat desain tersebut menjadi 'WOW" dengan unsur unik dan ikonik-------seperti Sydney Opera House. 

Seharusnya, memang sebuah desain baru itu tidak boleh mirip karena hal ini akan menjadi sesuatu yang membosankan. Sudah semestinya memang, seorang Arsitek ataupun Desainer harus selalu mencari sesuatu yang lebih bermakna, lebih bertekstur dan lebih berbeda untuk menuju sebuah desain yang abadi. Atau selalu dilihat dan dirasakan menjadi desain yang abadi. 

Dari desain yang abadi ini, terkadang kita harus memiliki keberanian untuk mewujudkannya. Hasil karya yang kerap mengejutkan. Namun bisa menjadi sebuah ikon yang besar dimasa sekarang dan masa depan. Desain yang selalu diakui keberadannya disepanjang masa. Abadi.

Sydney Opera House, dengan rancangan yang futuristik dan high-tech inovation merupakan suatu bentuk tantangan dalam bidang arsitektur yang berhasil diwujudkan. Dirancang oleh Arsitek Denmark Jorn Utzon pada tahun 1959 selama empatbelas tahun. 

Sungguh sebuah karya seni yang indah. Terlihat dari hasil desain, Jorn Utzon mengeksplorasi ide dan gagasan dalam berkarya sehingga desain mahakarya ini mampu menjadi inspirasi dalam karya-karya arsitektur selanjutnya. 

Di sini kembali, sangat penting seorang Arsitek untuk memiliki visi jauh ke depan bahkan lebih jauh agar penggunaan suatu bangunan bisa sustainable, bisa mengikuti dan menyesuaikan perkembangan zaman. 

Terlihat dari foto di bawah ini betapa indahnya interior ruangannya yang digunakan untuk pertunjukan teater, musik, opera, tarian moderen, balet, pameran dan film. 

Terdiri dari ruang-ruang seperti Concert Hall, Opera Theatre, Drama Theatre , Playhouse, studio, reception hall, foyer , Studio latihan, restoran, dan ruang ganti. Ruang-ruang yang sangat kompleks dihubungkan dengan baik di bawah atap shell

Dokpri
Dokpri
Arsitektur dalam arti yang sejati, sebenarnya memang diilhami dari kedalam jiwa manusia. Sebab suatu bangsa yang ingin berkualitas budaya tentulah tidak akan puas dengan desain yang umum dan tidak memiliki arti dan berjiwa. Dia harus mampu memberi pamor kecantikan khas atau kepribadian yang penuh makna kepada sebuah negara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN