Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis adalah dunia saya.

Pekerja biasa, Backpacker, Movie Review, Tukang Foto, Travel Blogger sesekali merangkap Guide.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

3 Tahun Komunitas Kompasiana Purwakarta, Eksplorasi Tanpa Batas Purwakarta Istimewa

29 Januari 2023   19:15 Diperbarui: 27 Februari 2023   12:46 231
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: dokumentasi Warga Kota

Komunitas Kompasiana Purwakarta atau Warga Kota di tanggal 11 Januari 2022 genap memasuki usia ke-3 tahun. Selama tiga tahun pula Komunitas Warga Kota hadir untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Purwakarta untuk mempunyai ruang dalam berkarya tidak hanya menulis tentang artikel tapi juga puisi dan jenis penulisan lainnya.

Tiga Tahun Warga Kota

Selama tiga tahun, Warga Kota tumbuh menjadi komunitas yang aktif berkolaborasi tidak hanya dengan instansi pemerintah, dengan komunitas literasi Purwakarta tetapi juga dengan komunitas yang ada di Kompasiana. Bahkan di tahun pertama berdiri, Warga Kota terpilih menjadi salah satu dari 10 komunitas terbaik di Kompasiana.

Selama tiga tahun saya aktif bersama Warga Kota, banyak sekali tentunya yang saya dapatkan bukan hanya pengalaman kepenulisan tetapi juga pengalaman lain yang dapatkan. Tidak hanya diminta membantu mendirikan Warga Kota tetapi saya diberikan ruang untuk aktif di dalam komunitas tersebut. Menjadi penanggung jawab kegiatan Warga Kota, menangani berbagai kegiatan Warga Kota selama 3 tahun membuat saya jadi belajar mengelola kegiatan agar berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Dari mulai mengurusi acara, berkomunikasi dengan narasumber maupun yang berhubungan dengan peserta sehingga saya banyak mendapatkan networking dan tentunya berkenalan dengan kompasianer dari Jabodetabek khususnya.

Di tahun ke-3 ini saya memutuskan untuk tidak lagi menangani kegiatan Warga Kota. Faktor pindah kerja yang tidak memungkinkan saya bisa meluangkan waktu terutama di hari kerja untuk mengurusi kegiatan komunitas menjadi alasan utama saya mundur dari kepengurusan Warga Kota. Alasan lainnya tentunya memberikan kesempatan kepada mereka yang lebih muda usianya dari saya dan yang punya waktu lebih banyak dalam berkomunitas untuk mengelola Warga Kota.

Namun tentunya meskipun sudah tidak aktif sebagai pengurus, saya tetap akan membantu kegiatan Warga Kota dan tetap akan berkontribusi untuk Purwakarta dalam kepenulisan. Seperti contohnya pada kegiatan yang baru saja diselenggarakan oleh Warga Kota dimana saya diminta untuk menjadi narasumber.

Eksplorasi Tanpa Batas Purwakarta Istimewa

Acara yang bertajuk "Eksplorasi Tanpa Batas Purwakarta Istimewa" diselenggarakan pada hari minggu tanggal 29 Januari 2023 yang bertempat di Mini Teather Perpustakaan Daerah (Perpusda) Purwakarta.

Acara ini merupakan kegiatan event komunitas pertama yang diselenggarakan oleh Kompasiana yang akan disusul oleh komunitas lainnya di bulan-bulan berikutnya.

Pemilihan Warga Kota sebagai komunitas pertama yang terpilih untuk mengadakan event di bulan Januari karena di bulan ini tepatnya tanggal 11 Januari 2023, Warga Kota tetap berusia 3 tahun sehingga event ini menjadi serangkaian dari perayaan hari jadi Warga Kota.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun