Mohon tunggu...
Mira Miew
Mira Miew Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis adalah dunia saya.

Pekerja biasa, Backpacker, Movie Review, Tukang Foto, Travel Blogger sesekali merangkap Guide.

Selanjutnya

Tutup

Seni Artikel Utama

Cerita Gelora Muda ala Generasi Z dalam Pementasan Teater Abang None Jakarta

17 November 2022   07:06 Diperbarui: 18 November 2022   01:00 937
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pementasan Teater Abang None Jakarta| Foto: dokumentasi pribadi

Di tahun 2022 geliat seni tanah air khususnya seni pertunjukkan kembali bangkit. Banyak sekali event musik ataupun pertunjukkan seni yang kembali dilakukan secara offline dengan ditonton oleh ratusan bahkan puluhan ribu penonton. 

Festival musik, pementasan teater, event-event festival film kembali hadir menghibur langsung masyarakat yang selama pandemi haus akan menonton hiburan secara langsung.

Mereka yang selama pandemi harus "tertidur sejenak" tanpa karya yang bisa ditampilkan secara langsung ke publik kini sudah kembali "bangun". Dunia seni Indonesia kembali menunjukkan taringnya dan para seniman dan penggiat seni kembali bersemangat untuk membuat dan menampilkan karyanya kembali.

Salah satu yang kembali hadir di tahun ini setelah selama pandemi sempat vakum adalah pementasan teater yang dibuat dan dilakukan oleh Teater Abang None Jakarta. Menjelang akhir tahun 2022, Teater Abang None Jakarta membuat pementasan teater yang berjudul "Gelora Muda" 

Sekilas tentang Teater Abang None Jakarta

Teater Abang None Jakarta merupakan wadah berkarya bagi para Abang None baik yang masih menjabat atau sudah menjadi alumni untuk bergerak di bidang seni maupun budaya khususnya budaya Betawi. 

Mereka para Abang None bisa menampilkan kemampuan berkesenian apalagi seperti diketahui teater merupakan seni yang menggabungkan semua unsur seni dari mulai seni musik, akting, seni tari dan lainnya.

Teater Abang None Jakarta didirikan pada tahun 2009 atas prakarsa dan peran penting dari Maudy Koesnaedi yang merupakan None Jakarta Tahun 1993. Teater Abang None (Teater Abnon) lahir dari keinginan Mpok Maudy yang ingin membuat kegiatan Betawi untuk anak muda yang pernah diucapkannya ketika ditanya oleh salah satu Juri Pemilihan Abang None Tahun 1993 yaitu Poppy Darsono.

Teater Abang None adalah bentuk sumbangsih dan usaha Mpok Maudy dalam melestarikan budaya Betawi serta sebagai sarana untuk memberikan kesempatan kepada Abang None Jakarta untuk terlibat dalam membantu melestarikan budaya Betawi. 

Tim Teater Abang None.| Foto: dokumentadi pribadi
Tim Teater Abang None.| Foto: dokumentadi pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun